search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Masyarakat Klungkung Mengeluh Trotoar Jalan Nasional "Compang-Camping"
Selasa, 23 Juni 2020, 14:20 WITA Follow
image

beritabali/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KLUNGKUNG.

Kondisi trotoar di sepanjang jalan Gajah Mada, Klungkung kondisinya memprihatinkan karena terlihat compang-camping dengan lubang yang cukup besar dan membuat pejalan kaki tidak nyaman, terlebih pada malam hari. Disinyalir, kondisi ini sudah terjadi lebih dari tiga bulan, namun belum ada upaya perbaikan dari pihak pemerintah.

 
[pilihan-redaksi]
Lurah Semarapura Kangin, I Wayan Mastana, sat dihubungi Selasa (23/6/2020) siang mengakui kalau banyak masyarakat yang mengeluhkan rusahnya trotoar itu dimana kerusakan terjadi di areal-areal publik seperti depan kantor Telkom, areal Kantor DPRD Klungkung, hingga di depan sekolah SDN 1 Semarapura Kangin. 


“Sangat berbahaya, terlebih ditempat-tempat itu sering sekali ada warga yang melintas, takutnya mereka tidak lihat karena ada lobang disana, dan tidak ada pengamannya juga, untungnya juga saat ini siswa masih belajar di rumah sehingga tidak ada yang berada di sekolah, namun tetap bahaya juga bagi warga lainnya,” kata Mastana.


Pihak kelurahan mengaku tidak memiliki anggaran untuk melakukan perbaikan trotoar tersebut, bahkan alat untuk menutup sementara pun tidak ada, sehingga pihaknya langsung menghubungi Dinas Pekerjaan Umum daerah untuk dilakukan perbaikan segera. 


“Sampah juga masuk, dari lubang atasnya, bahkan ada yang sudah penuh sampah saat ini, mudah-mudahan bisa segera diperbaiki, atau paling tidak ditutup dulu dengan pengaman agar tidak ada orang jatuh,” tambahnya.


Dihubungi terpisah, Kadis PU Klungkung, Anak Agung Lesmana mengatakan wilayah jalan sepanjang Gajah Mada merupakan jalan nasional dan untuk perbaikan kerusakan trotoar menjadi tanggung jawab pihak PU Propinsi Bali. 


“dalam satu minggu terakhir kami dari PU Klungkung sudah dua kali bersurat ke PU propinsi untuk segera dilakukan perbaikan, dan ditembuskan kepada Camat dan Bupati Klungkung, namun belum ada tanggapan,” katanya. 


Karena, saat ini di tengah pandemi Covid-19 anggaran perbaikan sangat minim dan tidak bisa dialihkan ke aset propinsi atau pusat. Pihak PU Klungkung dalam waktu dekat mengaku akan segera memasang pengaman di lokasi dengan berkooordinasi kepada dinas Perhubungan Klungkung antisipasi agar tidak ada orang yang melintas di areal kerusakan trotoar tersebut. 

Reporter: bbn/klk



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami