search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Bangli Gelar Webinar Sosialisasi Sensus Penduduk September 2020
Sabtu, 29 Agustus 2020, 11:00 WITA Follow
image

beritabali/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BANGLI.

Persiapan pendataan Sensus Penduduk 2020 secara simbolis resmi digaungkan ke seluruh penjuru Kabupaten Bangli

Dukungan Pemerintah Kabupaten Bangli dituangkan dalam Surat Edaran Bupati Bangli Nomor 470/382/DPMD per tanggal 24 Agustus 2020. Setelah berhasil mendulang prestasi atas capaian respon rate sebesar 39,87 persen (91.224 jiwa) dari total penduduk Kabupaten Bangli pada Sensus Penduduk Online (SPO), dukungan untuk mencatat semua penduduk Bangli terus mengalir. 

Capaian tersebut tentu tidak terlepas dari upaya semua pihak baik dari Pemerintah Kabupaten Bangli dari semua tingkat serta partisipasi aktif dari seluruh penduduk Bangli. Penghargaan tersebut juga menandakan antusiasme luar biasa dari Kabupaten Bangli terhadap pentingnya data kependudukan. Meskipun memiliki beberapa wilayah yang masih terkendala akses internet (blank spot) akibat situasi topografi pegunungan dan perbukitan ternyata tidak menjadi penghalang untuk respon rate SPO di Bangli  mampu bertengger di atas capaian total Provinsi Bali.

Perhelatan Sensus Penduduk 2020 kembali akan dilanjutkan dengan verifikasi dan pendataan lapangan. Kelanjutan proses bisnis kelima dan keenam dari Sensus Penduduk 2020 akan digelar pada 1-15 September 2020. Dalam rangka menyebarluaskan informasi teknis pelaksanaan Sensus Penduduk September, Badan Pusat Statistik Kabupaten Bangli bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bangli menggelar webinar yang bertajuk Sosialisasi Sensus Penduduk 2020. 

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya internalisasi proses bisnis pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 agar dapat dipedomani bersama. Data kependudukan merupakan data strategis dalam pembangunan baik dalam konteks pembangunan regional maupun nasional. Benang merah tersebut disimpulkan dari kegiatan webinar yang dilaksanakan pada Jumat, 28 Agutsus 2020 dengan menghadirkan narasumber Sekda Kabupaten Bangli Ir. Ida Bagus Gde Giri Putra, MM. Pada kesempatan yang sama webinar juga diisi oleh I Dewa Agung Riana Putra (Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa), I Wayan Sumantra (Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil), dan Ir. I Made Antara Yasa, M.Agb (Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Bangli) serta dimoderatori oleh I Wayan Dirgayusa (Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian). Webinar berjalan cukup interaktif dengan peserta seluruh Kepala Desa (Perbekel) dan Lurah se Kabupaten Bangli.

Pelaksanaan webinar Sensus Penduduk 2020 di Kabupaten Bangli menjadi ruang untuk berkoordinasi dan berkonsolidasi pendataan penduduk di bulan September 2020. Pada periode tersebut petugas sensus akan menyisir seluruh wilayah Kabupaten Bangli agar tidak ada satu pun penduduk yang terlewat cacah ataupun cacah ganda. Dengan demikian, webinar kali ini melalui Perbekel / Lurah diharapkan mampu membangkitkan semangat seluruh jajaran Satuan Lingkungan Setempat (SLS) yang dan seluruh lapisan masyarakat Bangli untuk berperan aktif dalam proses pendataan Sensus Penduduk 2020. 

Satuan Lingkungan Setempat di Kabupaten Bangli dikenal dengan sebutan Banjar atau Lingkungan yang dipimpin oleh Kepala Dusun atau Kepala Lingkungan. Himbauan partisipasi aktif tersebut telah tertuang dalam Surat Edaran Bupati Bangli agar petugas sensus didampingi dan dikawal bersama dalam proses pemeriksaan dan verifikasi daftar penduduk Sensus Penduduk 2020. Satu hal yang tidak kalah penting adalah selalu melaksanakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 selama pelaksanaan Sensus Penduduk 2020.

Reporter: bbn/rls



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami