search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Begini Penerapan Standar Protokol Kesehatan Hotel di Bali
Minggu, 30 Agustus 2020, 09:05 WITA Follow
image

beritabali/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BADUNG.

Era normal baru, industri pariwisata khususnya hotel di Bali diwajibkan untuk menerapkan protokol kesehatan yang berstandar dan bersertifikasi untuk menyambut kedatangan wisatawan domestik atau mancanegara nantinya.

Untuk melihat penerapan adaptasi kebiasaan baru di hotel di Bali, sebuah platform aplikasi tiket.com menginisiasi program 'staycation' yang menjadi pilihan berlibur di masa adaptasi kebiasaan baru dengan program tiket Clean. Fitur terbaru dari tiket.com ini memastikan partner tiket.com untuk memenuhi standarisasi protokol kesehatan dan juga kebersihan yang dikeluarkan secara resmi oleh badan PBB seperti organisasi kesehatan dunia WHO. 

Program ini sendiri akan menjamin para pelanggan tiket.com untuk mendapatkan fasilitas yang sesuai dengan protokol kesehatan dan kebersihan yang memadai berdasarkan protokol global dari partner hotel yang telah mengikuti tiket Clean. 

Adapun untuk Pulau Bali program tiket Clean dari tiket.com diikuti oleh sederet partner hotel dari berbagai klasifikasi, mulai dari tipe homestay hingga bintang lima. Diantaranya adalah tiga hotel yang menjadi tempat staycation dari rekan media pilihan lokal. Tiga hotel itu adalah The One Legian, Aston Kuta, dan Infinity8 Jimbaran.  Ketiganya yang juga termasuk mitra tiket Clean telah menerapkan prosedur aturan protokol kebersihan dan kesehatan pada masa adaptasi kebiasaan baru.

Adapun sejumlah standar penerapan protokol kesehatan hotel bisa dilihat saat tamu memasuki gerbang hotel. Setiap tamu yang datang menggunakan transportasi seperti mobil (termasuk) pengemudi akan dilakukan cek suhu tubuh oleh petugas atau security di gerbang. 

Hal tersebut juga akan berlaku kepada tamu yang datang menginap saat tiba di pintu depan sebelum memasuki lobby hotel, karena setiap tamu juga akan dicek suhu tubuhnya. Hanya tamu atau pendamping yang suhu tubuhnya di bawah 37,5 derajat celcius saja yang diperkenankan untuk masuk. Setelah melakukan cek suhu tubuh, pihak mitra hotel akan menyiapkan touchless hand sanitizer dispenser untuk dibasuh di tangan tamu sebelum memasuki area dalam hotel. 

Di meja resepsionis, tamu pun akan disambut oleh GRO (Guest Relations Officer) hotel yang telah menggunakan atribut protokol adaptasi baru berupa face shield dan masker. Di meja resepsionis juga disediakan hand sanitizer serta papan bertuliskan "area wajib masker". Jika tamu tidak menggunakan masker, petugas hotel juga menyediakan fasilitas masker di resepsionis. 

Setelah melakukan proses check in, tamu yang telah melakukan reservasi melalui aplikasi tiket.com akan diberikan paket tiket Clean Sanitizing Kit berupa masker, hand sanitizer, dan tisu basah secara gratis.

Adaptasi protokol kesehatan baru untuk memutus penyebaran pandemik juga berlangsung di sejumlah bagian penting hotel seperti saat memasuki lift akan terdapat sejumlah marka pengingat untuk setiap tamu agar dapat menjaga jarak. Kapasitas lift juga dibatasi, maksimal hanya untuk 4 orang saja, disesuaikan dari ukuran lift.  

Berlanjut memasuki area kamar, setiap handle pintu kamar telah digantungkan tanda bertulisan “Kamar ini sudah Didesinfeksi” yang menjelaskan bahwa kamar tersebut sebelumnya sudah dibersihkan sesuai standar kebersihan. Beberapa fasilitas di dalam kamar pun terdapat beberapa perubahan dari standar regular sebelumnya, dimana seluruh fasilitas gelas di dalam kamar telah menggunakan gelas sekali pakai atau paper and plastic cup, hal ini tentu guna mencegah penyebaran virus melalui penggunaan gelas kaca yang biasanya digunakan kembali oleh tamu kamar berikutnya walaupun telah dilakukan standar pembersihan. 

Selain itu fasilitas seperti handuk-handuk di kamar mandi telah dikemas masing-masing menggunakan plastic zip lock guna memastikan bahwa handuk yang diterima tetap bersih bebas kuman sampai di tangan tamu. Untuk fasilitas makan pagi atau breakfast yang menjadi paket menginap umumnya. Nah, untuk memasuki area restoran untuk bersantap, petugas juga akan kembali mengecek suhu tubuh tiap para tamu yang masuk. 

Selain itu, petugas restoran di dalam hotel pun juga diwajibkan untuk selalu mengenakan masker, sarung tangan, dan face shield. Para petugas ini juga selalu menjaga jarak atau physical distancing selama melakukan tugasnya dalam melayani tamu. 

Panduan untuk menjaga jarak juga bisa dilihat dengan jelas oleh para tamu di seluruh area hotel, mulai dari lantai restoran, area lobi hingga meja makan atau meja di lobi agar tetap menerapkan jarak di mana pun berada saat di areal hotel.

Tamu pun dapat mengakses fasilitas kolam renang di dalam area hotel dengan menerapkan protokol kesehatan baru, seperti misalnya jumlah tamu yang boleh masuk areal kolam dibatasi hingga maksimum 20 orang saja. Kolam renang sendiri telah menjalani prosedur disinfektan klorin dengan kadar 10 ppm dan PH 7,2 - 8.0 sesuai aturan dari Kemenkes RI.

Reporter: bbn/rob



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami