search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Viral Video Suara Diduga Jeritan Korban Sriwijaya SJ182
Senin, 18 Januari 2021, 15:45 WITA Follow
image

bbn/net

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Video beredar viral di media sosial memperlihatkan seorang petugas yang sedang mendengar suara di lokasi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182.

Awalnya video itu diunggah oleh akun Tiktok @abdulazis71. Video tersebut pun membuat warganet berspekulasi bahwa korban Sriwijaya Air SJ182 meminta tolong.

Hal itu pun langsung diluruskan oleh pakar Multimedia dan Telematika Roy Suryo melalui akun Twitternya @KRMTRoySuryo2. Roy Suryo menjelaskan bahwa suara yang terdengar seperti minta tolong itu bukanlah suara korban Sriwijaya Air SJ182.

Menurut dia, suara tersebut merupakan suara angin. Roy Suryo mengatakan bahwa kasus seperti ini kerap ditemui ketika sebuah mic terkena angin.

"Tweeps, viral video durasi 18 detik dari akun Tiktok @abdulazis171 yang disebut suara 'Teriakan Korban SJ-182'. Kasus 'noise' begini kerap terjadi saat mic kena angin yang kuat, apalagi cuma HP. Makanya mic profesional selalu dilengkapi muffler atau silencer agar suara masuk 'klir'," cuitnya, dikutip dari Suara.com.

Lebih lanjut, Roy Suryo menjelaskan kasus semacam ini perlu disikapi dengan bijak. Sebab, hal teknis ini akan menganggu perasaan keluarga korban.

"Fenomena 'suara aneh' mesti disikapi bijak sebagai kesalahan teknis belaka dan jangan cepat (di) viral (kan) yang bisa menganggu perasaan keluarga korban," ujarnya.

Roy mengatakan bahwa suara seperti teriakan itu mirip dengan musik yang muncul dari gesekan pohon. "Jadi dugaan Pak Eko Mahendro sudah benar. Mirip-mirip 'musik' yang muncul dari gesekan pohon-pohon bambu saat tengah malam," lanjutnya.

Sebelumnya, video tersebut menyebut suara teriakan itu tidak diedit. "Detik-detik penyisiran ada suara minta tolong di akhir video, no editan suara terdengar jelas," ujar akun Tiktok @abudlazis171.

Hingga saat ini video viral tersebut sudah disukai hingga 1,1 juta orang dan dikomentari hingga 20 ribu orang. Warganet pun mengaku merinding usai melihat video tersebut.

"Merinding aku ya Allah." tulis akun Rah.

"Merinding suara minta tolongnya kayak di goa," balas akun Anoo.

"Merinding banget," timpal akun Eko Saputra.

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami