search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Usia 60 Tahun ke Atas Boleh Divaksin Sinovac, Bagaimana Lansia 70 Tahun ke Atas?
Minggu, 7 Februari 2021, 19:25 WITA Follow
image

beritabali.com/ist/suara.com/Usia 60 Tahun ke Atas Boleh Divaksin Sinovac, Bagaimana Lansia 70 Tahun ke Atas?

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Badan POM atau BPOM telah memberikan izin penggunaan darurat vaksin Covid-19 Sinovac pada lansia 60 tahun ke atas. Tapi, penggunaan Vaksin Sinovac itu hanya sampai dengan lansia berumur 70 tahun.

Lantas bagaimana penggunaan vaksin Sinovac pada lansia 70 tahun ke atas?

Menanggapi hal tersebut, Kepala BPOM Penny Lukito menerangkan, subjek uji klinis fase III di Brasil hanya sampai umur 70 tahun. Sehingga, lanjutnya, perlu ada pendampingan khusus dalam penggunaan vaksin Sinovac pada lansia 70 tahun ke atas.

"Jadi, perlu ada pendampingan khusus dari dokter yang mendampingi dan melakukan screening pada saat pemberian vaksin tersebut," ujar Penny dalam konferensi pers secara virtual, Minggu (7/2/2021).

Namun, Penny menegaskan, adanya alasan tersebut bukan jadi larangan lansia 70 tahun ke atas disuntik vaksin Sinovac. Hanya saja, kata dia, dalam fase uji klinis tahap III di Brasil dilakukan pada lansia sampai umur 70 tahun.

"Artinya apabila akan diberikan pada lansia di atas 70 tahun diperlukan pertimbangan yang khusus, spesifik, dan individu pada saat melakukan screening," ucap dia.

Sebelumnya, Orang lanjut usia di atas 60 tahun bisa mendapat vaksinasi Covid-19 Sinovac setelah ada persetujuan dari BPOM yang dikeluarkan pada 5 Febuari 2021.

BPOM juga menyetujui pengajuan Biofarma selaku pengembang vaksin Covid di Indonesia agar vaksinasi terhadap lansia dilakukan dengan interval penyuntikan 0 dan 28 hari.

Sesuai jadwal yang ditetapkan Kementerian Kesehatan, pemerintah akan lebih dulu menyelesaikan vaksinasi terhadap 1,5 juta tenaga kesehatan hingga akhir bulan ini. Kemudian dilanjutkan terhadap 17,4 juta petugas layanan kesehatan. Belum ditentukan kapan jadwal vaksinasi untuk lansia akan dilakukan.(sumber: suara.com)

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami