search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
5 Penyebab Kulit Kering, Bawaan Genetik Hingga Pengaruh Cuaca
Sabtu, 22 Mei 2021, 16:05 WITA Follow
image

beritabali.com/ist/suara.com/5 Penyebab Kulit Kering, Bawaan Genetik Hingga Pengaruh Cuaca

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Masalah kulit kering tidak bisa diremehkan. Kondisi ini bisa sangat mengganggu karena terasa gatal, perih, hingga membuat sulit saat mengaplikasikan riasan. Kulit kering juga dapat memicu kerutan sebagai salah satu tanda penuaan.

Dirangkum dari Everyday Health, berikut beberapa penyebab kulit kering, antara lain:

Genetik

Peneliti mengungkapkan, kulit kering bisa diwariskan secara genetik. Berdasakan sebuah penelitian, mutasi pada gen yang mengontrol produksi protein filaggrin berperan dalam membentuk dan menghidrasi sawar kulit di mana dapat menyebabkan beberapa kondisi kulit. 

"Carilah ceramide dan lipid dalam pelembab, yang membantu membangun dan memperkuat pelindung kulit," ungkap Joshua Zeichner, MD, direktur kosmetik dan penelitian klinis di bidang dermatologi di Mount Sinai Hospital di New York City.

Wewangian Menyebabkan Iritasi Kulit

Wewangian cenderung mengiritasi kulit kering atau memperburuk keadaan kulit kering. Wewangian juga merupakan salah satu sumber umum dermatitis kontak alergi.

"Hindari deodoran dan produk perawatan kulit yang mengandung pewangi," ujar asisten profesor klinis dermatologi di Northwestern Medicine di Lincolnshire, Illinois, Amy Forman Taub, MD.

Sabun 

Penting untuk selalu berhati-hati dalam memilih sabun wajah, sabun mandi, dan deterjen. Hal itu karena banyak produk yang justru mengurangi kelembapan kulit, termasuk kulit kepala.

"Ini karena (sabun) diformulasikan untuk menghilangkan minyak," tutur Gretchen Frieling, MD, dokter kulit bersertifikat di Newton, Massachusetts. 

Obat Jerawat dan Retinol 

Asam salisilat memang bagus untuk mengobati jerawat, tetapi juga dapat menyebabkan kulit kering saat pertama kali menggunakannya. Kulit kering juga merupakan efek samping umum retinol dan melonggarkan sel-sel di permukaan kulit.

Forman Taub mengatakan, "Kurangi frekuensi penggunaannya jadi menjadi dua hari sekali, pastikan Anda memilih pembersih lembut yang tak memperparah masalah kulit kering."

Udara Kering

Terkadang udara kering di dalam rumah bisa membebani kulit Anda seperti udara di luar. Frieling mengatakan, udara kering bisa menurunkan tingkat kelembapan sehingga membuat kulit terasa kering dan gatal.(sumber: suara.com)

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami