search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Dapat Bintang Jasa dari Pemerintah Rusia, Megawati Menangis Ingat Bung Karno
Rabu, 2 Juni 2021, 18:40 WITA Follow
image

suara.com/Dapat Bintang Jasa dari Pemerintah Rusia, Megawati Menangis Ingat Bung Karno

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menangis saat menerima bintang jasa dari pemerintah Rusia.

Tanda jasa itu diberikan pemerintah Rusia kepada Megawati sebagai tanda persahabatan dan kerja sama ata Order of Friendship.

Penghargaan itu diberikan langsung Dubes Rusia untuk RI Lyudmila Vorobieva mewakili Presiden Vladimir Putin di rumah pribadi Megawati, Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, Rabu (2/6/2021).

Megawati meneteskan air mata karena mengenang ayahnya, Presiden pertama RI Bung Karno, saat mengajak dirinya menjemput Presiden Rusia saat itu, Kliment Voroshilov yang berkunjung ke Indonesia.

"Sungguh sebuah hari yang membahagiakan, saya mendapat kehormatan ini, karena, maaf, saya teringat kepada ayah saya. Padahal saya sangat mengerti bahwa beliau yang mulai merintis hubungan persahabatan antara Rusia dengan Indonesia," kata Megawati disiarkan akun Youtube PDIP.

Menurutnya, pada saat itu merupakan titik awal hubungan persahabatan antarnegara Indonesia dan Rusia (dulu Uni Soviet) dimulai.

Pada waktu itu, anak muda Indonesia diminta untuk bertemu dengan beberapa astronot atau kosmonot Rusia, di antaranya adalah Yuri Gagarin.

Kosmonot Yuri Gagarin berhasil membuat anak muda Indonesia banyak bermimpi menjadi astronot.

"Tolong sampaikan salam hangat saya untuk Presiden Putin dan juga terima kasih yang sangat besar atas penghargaan ini dari beliau, saya dan beliau mempunyai ikatan pribadi," ucapnya.

Dia juga mengatakan hubungan Indonesia-Rusia juga pernah dilakukan dalam hal impor alutsista dari Rusia yang disetujui oleh Presiden Putin.

Megawati juga menitip pesan agar Dubes Lyudmila menyampaikan kepada Putin bahwa Presiden Jokowi barus saja membentuk Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Megawati adalah Ketua Dewan Pengarah BRIN.

"Dan saya telah mengatakan kepada Presiden Jokowi, untuk suatu saat nanti kita bisa lebih mempererat seperti yang saya sampaikan tadi dalam hubungan riset dengan negara Rusia," tuturnya.

"Hal yang berhubungan dengan ruang angkasa seharusnya terus kita proses antara Rusia dengan Indonesia," pungkas Megawati.

Presiden kelima RI itu berjanji, jika pandemi Covid-19 telah terkendali, ia akan segera mengunjungi Rusia dan bertemu Presiden Putin untuk membalas penghargaan bintang jasa tersebut.

Berikut isi surat Presiden Putin kepada Megawati:

DEKRIT
PRESIDEN FEDERASI RUSIA

Tentang Penghargaan Negara Federasi Rusia

Atas jasa-jasa besar dalam mempererat persahabatan, kerjasama dan saling pengertian antara rakyat Rusia dan Indonesia diberikan penghargaan

BINTANG PERSAHABATAN

 

SUKARNOPUTRI

Diah Permata Megawati Setiawati

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan,

Warga Negara Republik Indonesia

 

Presiden Federasi Rusia

Vladimir Putin

 

Moskow, Kremlin

10 Februari 2020

No. 102
(sumber: suara.com)

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami