search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Pandemi, BPJSK Telah Berikan Manfaat ke Peserta
Sabtu, 4 Desember 2021, 23:15 WITA Follow
image

beritabali/ist/Pandemi, BPJSK Telah Berikan Manfaat ke Peserta.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Meskipun di tengah Pandemi, BPJS Ketenagakerjaan telah memberikan beberapa manfaat ke peserta BPJSK mulai dari cacat sebagian ataupun cacat tetap mendapat sebesar santunan Rp 56 juta, dengan santunan berkala Rp 12 juta. 

Sedangkan kecelakaan kerja yang berakibat kematian, santunan sekaligus sebesar Rp 48 juta, santunan berkala Rp 12 juta dan biaya pemakaman Rp10 juta. Selain itu program Jamsostek terdiri dari Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Hari Tua (JHT).

Mulai dari, program JKK mengakibatkan peserta tidak mampu bekerja lagi, pada 12 bulan pertama mendapatkan santunan 100 persen dari jumlah upah yang diterima. Dalam bulan berikutnya mendapatkan 50 persen dari upah.

"Misal upah dasarnya Rp 1 juta, dan setiap bulan peserta hanya membayar iuran Rp 10 ribu untuk sejumlah manfaat pada item jaminan kecelakaan kerja," jelas Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bali Denpasar Opik Taufik di Denpasar, Sabtu (4/12).

Selanjutnya untuk program Jaminan Kematian (JKM), iuran bulanan mencapai Rp6.800 dengan manfaat diterima meliputi, santunan kematian dan beasiswa pendidikan anak maksimal 2 orang anak. 

Jumlah santunan kematian di program JKM total Rp42 juta terdiri dari, santunan kematian sekaligus Rp20 juta, santunan berkala Rp12 juta dan biaya pemakaman Rp10 juta.

Untuk Jaminan Hari Tua (JHT) iuran per bulannya Rp 20 ribu. Di program ini, peserta mendapat manfaat pengembalian iuran beserta hasil pengembangannya.

Hasil pengembangan ini dihitung dari bunga yang rasionya di atas rata-rata deposito bank. Jika dilihat manfaat didapat peserta dari program BP Jamsostek tersebut setiap bulan total iuran sebesar Rp36.800. Dimasukkan dalam tabungan Rp20 ribu dan asuransi Rp16.800.

Mengingat besarnya manfaat Jamsostek bagi peserta maka, masyarakat diimbau agar tidak ragu mendaftarkan dirinya, baik secara mandiri maupun secara kolektif dari tempatnya bekerja.

Adapun melayani masyarakat, baik secara offline maupun online. Semuanya sudah dibuat simpel dan mudah. Taufik menambahkan Untuk pembayaran manfaat berdasarkan segmen kepesertaan hingga November 2021, khusus peserta Penerima Upah (PU), jumlah dibayarkan untuk program JKK sebesar Rp22.944.921.821, untuk JKM Rp 25.806.500.000, untuk JP Rp 9.145.512.190 dan untuk JHT Rp 484.918.700.800.

Reporter: bbn/aga



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami