search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Vaksin Booster di Bali, Gianyar Masih Fokus Vaksinasi Anak
Rabu, 12 Januari 2022, 18:10 WITA Follow
image

beritabali/ist/Vaksin Booster di Bali, Gianyar Masih Fokus Vaksinasi Anak.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Ketika beberapa daerah sudah melakukan suntik vaksin booster bagi masyarakat, Pemerintah Kabupaten Gianyar belum melakukan suntik vaksin dosis ketiga atau booster. Hal ini karena masih fokus melakukan suntik vaksinasi anak usia 6-11 tahun.

Kepala Dinas Kesehatan Gianyar, dr. Ida Komang Upeksa menyatakan jadwal pemberian vaksin booster untuk masyarakat Gianyar belum bisa ditentukan. 

“Karena kami selesaikan dulu vaksin kedua anak-anak di sekolah. Lalu yang tercecer kami layani di rumah sakit,” ujarnya, Rabu (12/1).

Upeksa berharap, capaian vaksin anak bisa selesai secepatnya. Sehingga bisa melanjutkan untuk booster. “Target kami untuk kegiatan di lapangan, kami selesaikan minggu-minggu ini. Setelah itu baru vaksin booster-nya,” ujarnya.

Upeksa menambahkan, vaksin booster merupakan vaksinasi ketiga untuk masyarakat yang telah divaksin sebanyak dua kali. Namun pada kali ketiga ini, jenis vaksin yang diberikan tidak sama dengan jenis vaksin yang sebelumnya diterima. 

Ketika vaksinasi pertama dan kedua mendapatkan vaksin jenis sinovac, maka dalam vaksinasi booster diberikan astrazeneca. Sementara jika vaksin 1 dan 2 diberikan vaksin astrazeneca, maka dalam vaksinasi tahap ketiga akan diberikan vaksin moderna.

Selain itu, waktu vaksin ketiga harus enam bulan dari suntikan kedua. Misalnya, jika disuntik vaksin kedua pada bulan Januari, untuk booster baru bisa disuntikkan sekitar bulan Juni-Juli. 

“Kalau vaksin keduanya belum ada enam bulan, belum kami boleh vaksin booster,” tutup dia. 

Reporter: bbn/gnr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami