search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Promotor F1 Terkesima Keindahan Sirkuit Mandalika
Rabu, 16 Februari 2022, 09:55 WITA Follow
image

beritabali/ist/Promotor F1 Terkesima Keindahan Sirkuit Mandalika.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NTB.

Tim Formula 1 (FIA Formula One World Championship), telah melihat langsung Sirkuit Mandalika, yang digadang-gadang oleh Presiden Jokowi untuk ditawarkan menjadi tempat balap mobil kursi tunggal. 

F1 yang dipromotori oleh Gerwin Beran ini, mengaku sangat terkesima dengan keindahan dan keamanan sirkuit Mandalika yang berlokasi di Desa Pujut, Kita Lombok Tengah ini. 

Kekaguman tim F1 dengan  sirkuit Mandalika ini diutarakan Gubernur NTB, Dr Zulkieflimansyah, usai menerima kunjungan Promotor F1, Gerwin Beran, di ruang kerjanya, Senin (14/2). Gubernur Zul mengundang secara khusus Gerwin Beran dan tim F1 untuk menjajaki dan melihat sirkuit Mandalika. 

“Bersama Mr Gerwin Beran dari Tim Formula 1 mendiskusikan langkah lebih lanjut tentang rencana Formula 1 di Sirkuit Mandalika, Lombok NTB,” ungkap Bang Zul, Senin (14/2) di Mataram. 

Setelah sukses menjadikan NTB sebagai tuan rumah penyelenggaraan ajang internasional seperti MotoGP, World Superbike, Asia Talent Cup, hingga L'etape By Tour de France. Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah kini ingin menjadikan Mandalika sebagai tuan rumah ajang balap jet darat Formula 1 (F-1).

Gubernur Zul menyampaikan bahwa Tim Formula 1 telah melihat langsung Sirkuit Mandalika, dan mereka sangat terkesima dengan keindahan dan keamanannya. 

“Beliau sangat terkesima dengan Sirkuit Mandalika, sangat pas dan memadai untuk penyelenggaraan Formula 1,” ujarnya. . 

Zulkieflimansyah menyatakan Sirkuit Mandalika lebih dari siap untuk menjadi lokasi gelaran F1. Saat ini yang perlu dibahas terkait commitment fee untuk penyelenggaraan F1 di Sirkuit Mandalika

Terakhir, Bang Zul berharap NTB bersama pemerintah pusat dan stakeholder lainnya bisa berbuah manis dan NTB kembali mencatatkan sejarah seperti penyelenggaraan World Superbike 2021 lalu. 

Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengatakan besaran commitment fee untuk penyelenggaraan F1 lebih besar dari MotoGP. Namun Gubernur tak menyebutkan angka pastinya. Meskipun commitment fee yang dibayar cukup besar, tetapi Pemerintah Pusat mendukung gelaran F1 di Sirkuit Mandalika. Dengan gelaran F1 atau MotoGP, Indonesia akan mendapatkan country branding.

"Kalau dihitung dari penyelenggaraan, enggak mungkin dengan uang tiket bisa menutupi," katanya.

Tentu saja yang paling penting fee-nya itu yang besar. Lebih mahal dari MotoGP," kata Gubernur. Ia berharap Sirkuit Mandalika segera menjadi tempat gelaran balap F1. Karena Sirkuit Mandalika sudah memenuhi syarat untuk menjadi lokasi balapan jet darat.

"Kita sih berharap 2023. Karena sirkuitnya sudah memenuhi syarat. Tinggal negosiasi commitment fee-nya saja. Dan ada sedikit modifikasi sirkuitnya, tapi gak banyak. Karena motor sama mobil beda," tandas Gubernur. 

“Doakan agar diskusi selanjutnya dengan pihak Formula 1 berbuah manis dan sesuai dengan harapan,” tutupnya.  

F1 sendiri, (atau lengkapnya FIA Formula One World Championship), adalah kelas tertinggi balap mobil kursi tunggal yang diatur oleh Federasi Otomotif Internasional (FIA) dan dimiliki oleh Formula One Group. 

Perwakilan penyelenggara balapan Formula One (F1), Gerwin Beran telah meninjau Sirkuit Mandalika. Dia menyatakan Sirkuit Mandalika telah memenuhi syarat untuk gelaran balapan jet darat atau F1. 

Setelah meninjau Sirkuit Mandalika, Beran mengungkapkan sirkuit tersebut sangat indah dan cantik. Ia sependapat dengan Dorna Sports sebagai penyelenggara MotoGP yang menyebut Sirkuit Mandalika terindah di dunia.

"MotoGP senang, itu sirkuit terindah di dunia. Formula 1 juga senang. Sirkuit Mandalika sangat cantik dan indah. Mandalika mantap," ungkap Geran. 

Tentang berapa commitment fee yang harus dibayarkan untuk dapat menggelar F1 di Sirkuit Mandalika. Beran mengatakan besaran commitment fee bisa dinegosiasikan. Karena besaran commitment fee untuk penyelenggaraan balapan F1 sama di semua race.

Reporter: bbn/lom



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami