search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
7 Penyebab Pusing Tiba-Tiba
Kamis, 17 Maret 2022, 14:55 WITA Follow
image

beritabali.com/ist/suara.com/7 Penyebab Pusing Tiba-Tiba

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Tanpa gejala awal apapun, tiba-tiba saja Anda merasa pusing. Dan bukan sekadar pusing, melainkan sensasi seperti berputar, melayang, bahkan merasa ingin pingsan. Kenapa bisa mengalami pusing tiba-tiba?

Pusing tiba-tiba bisa terjadi pada siapa saja, baik itu anak remaja, orang dewasa, maupun kelompok lansia. Pusing tiba-tiba biasanya dibarengi juga perasaan ingin pingsan, kehilangan keseimbangan, dan perasaan melayang.

Melansir dari Mayo Clinic, ada banyak penyebab pusing tiba-tiba, di antaranya gangguan telinga bagian dalam, mabuk perjalanan, hingga efek dari obat-obatan yang dikonsumsi. Tapi secara umum, inilah 7 penyebab pusing tiba-tiba.

1. Kondisi neurologis

Beberapa gangguan neurologis, seperti penyakit Parkinson dan multiple sclerosis, dapat menyebabkan hilangnya keseimbangan secara progresif.

2. Obat-obatan

Pusing juga bisa terjadi karena efek samping dari obat-obatan tertentu, seperti obat anti kejang, antidepresan, dan obat penenang. Secara khusus, obat penurun tekanan darah dapat menyebabkan pingsan jika terlalu banyak dikonsumsi.

3. Gangguan kecemasan

Penyebab pusing tiba-tiba bisa terjadi karena adanya gangguan kecemasan, dan ini termasuk serangan panik atau ketakutan, atau berada di ruang terbuka yang luas (agoraphobia).


4. Kadar zat besi rendah (anemia)

Penyebab pusing hingga ingin pingsan juga bisa karena kadar zat besi yang rendah alias anemia. Penderita anemia juga akan mengalami gejala lain seperti kelelahan, lemah, dan kulit pucat.

5. Gula darah rendah (hipoglikemia)

Kondisi ini umumnya terjadi pada penderita diabetes yang menggunakan insulin. Pusing yang hanya ringan, dapat disertai dengan berkeringat hingga kecemasan.

6. Keracunan karbon monoksida

Penyebab pusing bisa terjadi karena keracunan karbon monoksida, yang sering digambarkan seperti flu dan sakit kepala, pusing, lemas, sakit perut, muntah, nyeri dada, hingga kebingungan.

7. Dehidrasi di cuaca panas

Jika Anda aktif di cuaca yang panas dan tidak minum air dengan cukup, ini bisa menyebabkan pusing yang disebabkan kepanasan (hipertermia) dan dehidrasi.(sumber: suara.com)
 

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami