search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
BMKG Prakirakan Cuaca di Bali 3 Hari Kedepan Cerah Berawan
Rabu, 22 Juni 2022, 12:20 WITA Follow
image

beritabali/ist/BMKG Prakirakan Cuaca di Bali 3 Hari Kedepan Cerah Berawan.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BADUNG.

Kondisi cuaca untuk wilayah Bali 3 hari ke depan diperkirakan secara umum cerah – berawan. 

"Terdapat potensi hujan ringan secara tidak merata di sebagian besar wilayah Bali. Perlu diwaspadai adanya potensi angin kencang terutama di selatan Bali," kata Prakirawan Cuaca, Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar, Putu Agus Dedy Permana, Selasa (21/6/2022).

Ia menambahkan beberapa hari ke depan masih ada potensi hujan ringan di sebagian besar wilayah Bali terutama di Bali bagian tengah. 

Dirinya mengimbau agar masyarakat tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana yang dapat ditimbulkan dari cuaca ekstrem seperti banjir, genangan air, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang dan kilat atau petir.

Masyarakat umum, nelayan dan pelaku kegiatan wisata bahari agar mewaspadai potensi tinggi gelombang laut yang dapat mencapai 2 meter atau lebih di sekitar perairan utara dan selatan Bali. 

Maysarakat juga agar memperhatikan Informasi BMKG khususnya peringatan dini cuaca atau iklim ekstrem.

Hujan Tidak Menentu

Berdasarkan pantauannya sebagian wilayah Bali masih dalam masa peralihan dari musim penghujan ke musim kemarau. 

Dijelaskan pada saat musim peralihan biasanya keadaan cuaca menjadi tidak menentu, dimana satu hari bisa hujan tetapi hari lainnya tidak terjadi hujan.

Indeks El Nino Southern Oscillation atau ENSO menunjukan saat ini kondisinya berkisar antara netral hingga La Nina lemah. Kondisi ini secara signifikan meningkatkan potensi hujan di wilayah Indonesia.

Suhu muka laut di sekitar wilayah Bali berkisar antara 28 - 31 derajat celcius. Suhu muka laut yang hangat dapat meningkatkan potensi penguapan (penambahan massa uap air) di wilayah Bali.

"Faktor turunnya hujan secara tidak menentu pada saat ini dipengaruhi oleh faktor tersebut", jelasnya, Selasa (21/6) di Badung.

Setiap tahunnya akan ada periode waktu dimana cuaca akan fluktuatif seperti baik terjadi pada musim kemarau, hujan, atau masa peralihan.

"Cuaca yang fluktuatif pada saat musim peralihan sangat normal terjadi," katanya.

Reporter: bbn/aga



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami