search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Pasca Mesin Pesawat Lion Air Terbakar, Kemenhub Lakukan Investigasi
Selasa, 1 November 2022, 18:01 WITA Follow
image

bbn/Suara.com/Pasca Mesin Pesawat Lion Air Terbakar, Kemenhub Lakukan Investigasi

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi buka suara terkait dengan insiden terbakar mesin pesawat Lion Air pada Rabu (26/10). Dia menyebut tengah lakukan investigasi untuk mengusut insiden tersebut.

Untuk diketahui, Pesawat tersebut dioperasikan dengan penerbangan nomor JT-330 rute Jakarta-Palembang kembali ke Bandara awal Soekarno-Hatta, setelah sekitar 39 menit terbang di udara.

"Sekarang lagi kita lakukan investigasi kita sudah kirim surat tentu akan ada result rekomendasi yang akan dilakukan," ujarnya saat ditemui di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Selasa (1/10/2022).

Menhub juga mengklaim, pihaknya telah mengirim surat ke pihak manajemen Lion Air untuk meminta klarifikasi insiden tersebut.

Sebelumnya, Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro menjelaskan, sebelum keberangkatan, pesawat Boeing 737-800NG registrasi PK-LKK dinyatakan layak dan aman dioperasikan melalui pengecekan awal.

Kemudian, setelah proses penanganan operasional, layanan penumpang dan kargo di darat selesai, Lion Air penerbangan JT-330 lepas landas pukul 17.13 WIB dengan membawa enam kru dan 169 penumpang.

"Namun, pada ketinggian jelajah 3.000 kaki, pilot merasakan kinerja pada salah satu komponen mesin pesawat tidak sesuai dengan yang semestinya dan menunjukkan perlu segera dilakukan pengecekan," ujarnya dalam keterangannya, Rabu (26/10/2022).

"Dalam memastikan faktor keselamatan dan keamanan penerbangan, pilot memutuskan untuk kembali ke bandar udara asal di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta," tambah dia.

Danang memastikan, pesawat mendarat secara normal dan aman. Setelah pesawat berhenti dan parkir pada landas parkir, seluruh penumpang diarahkan untuk menuju ruang tunggu guna mendapatkan informasi lebih lanjut.

"Teknisi dan pilot melakukan pengecekan pada pesawat melalui tahapan kerja yang dijalankan menurut daftar kerja yang membutuhkan waktu. Untuk saat ini, Lion Air tidak dapat berspekulasi," kata dia.

Namun demikian, tambah Danang, maskapai mengerahkan, pesawat lain untuk mengoperasikan rute penerbangan tersebut. Pesawat telah berangkat pada pukul 19.20 WIB dan diperkirakan mendarat di Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badarudin II pukul 20.20 WIB.

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami