search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Pameran Bonsai Lokal di Sahasra Warsa Batuan, Serasa Kelas Nasional
Rabu, 21 Desember 2022, 13:11 WITA Follow
image

beritabali/ist/Pameran Bonsai Lokal di Sahasra Warsa Batuan, Serasa Kelas Nasional.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Komunitas Pecinta Bonsai Desa Batuan, Kecamatan Sukawati menggelar pameran dan kontes bonsai memeriahkan Peringatan Sahasra Warsa Batuan di Desa Batuan, Kecamatan Sukawati Gianyar. 

Pameran berlangsung 16-27 Desember 2022. Sebanyak 270 pohon dipamerkan di Jaba sisi Utara Pura Desa lan Puseh Desa Adat Batuan. 

Meski skala lokal, namun jurinya menghadirkan juri utama Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Pusat, yakni Agus Tantrawan alias Gede Basur, Umar dan Saleh. Hal ini pula yang menjadikan pameran dan kontes kelas lokalan Bali ini serasa pameran nasional. 

Ketua komunitas, I Wayan Rudiman didampingi Sekretaris Narayan memberanikan diri menggelar pameran dan kontes atas dukungan dari PPBI Cabang Gianyar dan PPBI Pusat. 

“Ini even ketiga kami. Sebelumnya kami mengawali dengan pameran lokalan se Desa Batuan, kali ini pada momen spesial Sahasra Warsa Batuan kami berani mengadakan kontes,” ungkap Rudiman.

Ada 2 kategori bonsai, yakni prospek dan bonsai jadi. “Nuansanya kami rasakan kayak Pamnas (pameran nasional, red) karena pohon yang turun adalah pohon yang sudah berprestasi di Indonesia, bersaing di nasional,” jelasnya.

Dari penjurian yang telah dilakukan, ditentukan 10 besar terbaik di masing-masing kelas. Selain itu ada 1 bonsai jadi yang dipilih memenuhi kriteria best in show. Even ini merebut tropi award dari Bupati Gianyar dan tropi award dari Ketua PPBI Gianyar. 

“Kami juga ada doorprize satu unit sepeda listrik dan hadiah hiburan lain,” imbuhnya. 

Penilaian dan penancapan bendera telah berlangsung, Minggu (18/12) secara ketat dari pagi sampai sore. Sebagai best in show disandang oleh bonsai jadi Ficus Compacta milik Wayan Gablug asal Desa Sulahan, Bangli. 

Editor: Robby

Reporter: bbn/gnr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami