search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Distan Tabanan Gencarkan KIE Pasca Terjadi Lagi Kasus Gigitan Rabies
Selasa, 11 April 2023, 09:50 WITA Follow
image

beritabali/ist/Distan Tabanan Gencarkan KIE Pasca Terjadi Lagi Kasus Gigitan Rabies.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, TABANAN.

Dinas Pertanian (Distan) Tabanan menggencarkan program KIE atau Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) terkait dengan dampak pelepasliaran anjing setelah sebelumnya kembali terjadi gigitan kasus rabies di Desa Batungsel, Pupuan pada 28 Maret 2023. 

Desa Batungsel juga ditetapkan sebagai zone merah rabies bersama dengan lima desa lainnya,seperti Desa Kebon Padangan, Desa Blimbing, Desa Pajahan (Kecamatan Pupuan) dan Desa Sudimara (Kecamatan Tabanan), serta Desa Antap (Kecamatan Selemadeg), karena ditemukannya kasus gigitan anjing rabies. 

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tabanan, I Made Subagia ketika ditemui Senin (10/4) menyebutkan pengawasan terhadap anjing yang sengaja dilepasliarkan untuk menjaga perkebunan yang ada di sekitar Desa. 

"Untuk pengawasan ini, kami di Dinas semakin mefokuskan untuk meningkatkan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) terkait dengan dampak pelepasliaran anjing," jelasnya.

Selain itu, Subagia menyebutkan pihaknya juga menggencarkan aktivitas vaksinasi Rabies di Kabupaten Tabanan. Per tanggal 10 April 2023, total jumlah anjing yang sudah divaksinasi di Kabupaten Tabanan sebanyak 322 ekor. Yang berasal dari tiga kecamatan, yakni Marga, Tabanan dan Pupuan. 

Sedangkan untuk total capaian Vaksinasi rabies selama tahu 2023 di Kabupaten Tabanan sebanyak 29.078 ekor atau sebesar 46,82 persen dari total populasi anjing di Tabanan yang !e capai 62.104 ekor anjing. Sedangkan untuk jenis HPR lainnya, yang sudah tervaksinasi rabies di Tabanan adalah kucing sebanyak 154 ekor. 

Sedangkan untuk stok vaksin rabies di Tabanan sebanyak 5 ribu vial, dan sebanyak 1500 vial sudah disalurkan ke masing-masing kecamatan untuk aktivitas vaksinasi. Sedangkan sisanya masih disimpan di Dinas Pertanian. 

"Untuk jumlah vaksin yang kami terima dari Distan Provinsi hingga bulan Maret 2023 mencapai 32.700 vial. Dan jumlah itu sudah digunakan untuk aktivitas vaksinasi di Kecamatan selama bulan Maret hingga pagi tadi," ujarnya. 

Editor: Robby

Reporter: bbn/tab



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami