search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Pemandu Wisata di Lovina Menipu Turis, Puluhan Pelaku Pariwisata Datangi Polisi
Sabtu, 22 April 2023, 21:54 WITA Follow
image

beritabali/ist/Pemandu Wisata di Lovina Menipu Turis, Puluhan Pelaku Pariwisata Datangi Polisi.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BULELENG.

Puluhan pelaku pariwisata di Kawasan Wisata Lovina, mendatangi Mapolres Buleleng dan mendesak polisi untuk melakukan proses hukum terhadap terduga pelaku penipuan yang merupakan pemandu wisata dan kini ditahan di Mapolres Buleleng.

Sejumlah pelaku pariwisata terlihat memasuki halaman Mapolres Buleleng dan berkumpul di depan SPKT Polres Buleleng. Mereka diantaranya sejumah pemandu wisata, Pengurus BPC PHRI Kabupaten Buleleng sekaligus pemilik hotel dan restaurant serta sejumlah tokoh masyarakat dan Aparat Perbekel Desa Kalibukbuk.

Kehadiran puluhan pelaku pariwisata itu diterima langsung Kasat Reskrim Polres Buleleng, AKP Picha Armedi. Kemudian, mereka melakukan dialog di ruang SPKT Polres Buleleng bersama Ketua BPC PHRI Buleleng Dewa Ketut Suardipa, tokoh masyarakat Nyoman Arya Astawa alias Mang Dauh serta Perbekel Kalibukbuk Ketut Suka bersama pengurus desa lainnya.

Usai dialog yang berlangsung sekitar satu jam lebih itu, Kasat Reskrim Picha Armedi langsung menemui puluhan pelaku wisata dan meminta dukungan dalam penanganan kasus yang masih dilakukan penyelidikan tersebut.

”Terkait masalah ini ke depan yang jelas kami berterimakasih atas dukungan dan masukan atas masalah ini sehingga jelas tahu apa yang terjadi baik yang sesudah maupun yang sebelumnya. Untuk proses penyidikan tetap kami lakukan dengan profesional apakah nanti ditemukan tindak pidana. Jika ditemukan kami akan proses hukum dan tindak lanjuti segera sesuai prosudur  biar tidak berdampak luas  kedepannya, jadi percayakan kepada kami bekerja sambil mencari fakta-fakta yang lain,” tegas Picha Armedi.

Ketua PHRI Buleleng Dewa Suardipa berharap, dengan aksiyang dilakukan oknum pemandu wisata tersebut dan mencoreng dunia pariwisata di Lovina agar dilakukan proses hukum dengan tegas dan memberikan efek jera kepada pelaku.

"Tadi koordinasi kita dengan Kasat Reskrim bahwa Polres Buleleng akan menindak tegas secara profesional dengan bukti-bukti. Kami berharap agar pihak Kepolisian Polres Buleleng memberikan efek jera pelaku dan nantinya tidak lagi berbuat. Kejadian ini memberikan dampak negatif yang luas terhadap pariwisata Lovina apalagi korbannya sendiri memviralkan di media sosial dan ini senjata yang ampuh dan membunuh Lovina akibat ulah oknum itu sendiri. Untuk kasus ini kami PHRI akan mengawal penuh bersama para guide dan pelaku wisata lainya,” ungkap Dewa Dipa. 

Dewa Suardipa mengatakan, para pelaku pariwisata bersama pemerintah telah berusaha promosi mengenalkan ikon Bali Utara Lovina sebagai daerah yang aman dan nyaman, namun sayang hal itu tercoreng akibat perbuatan individu dan tidak bertanggung jawab.

“Khawatirnya pemerintah daerah dan kita yang sudah berusaha promosi dengan komitmen yuk datang ke Buleleng dan tiba-tiba wisatawan datang dibeginikan bagaimana, apalagi WNA ngomong jangan ke Buleleng ini lah yang kita takutkan terjadi,” ujar Dewa Dipa.

Sebelumnya diberitakan, wisatawan asing yang berasal dari Kazakhstan merasa tertipu dengan ulah pelaku untuk melakukan tour snorkeling dan menyelam. Mereka juga mengunggah di medsos sehingga memunculkan keresahan pelaku wisata di Lovina. Kasus itu kemudian dilaporkan dan pelaku telah ditangkap polisi.

Editor: Robby

Reporter: bbn/bul



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami