search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Puncak Kunjungan Wisdom ke Bali Diprediksi Terus Naik Hingga 30 April
Rabu, 26 April 2023, 14:46 WITA Follow
image

beritabali/ist/Puncak Kunjungan Wisdom ke Bali Diprediksi Terus Naik Hingga 30 April.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Selama libur Lebaran Idul Fitri 2023, Kunjungan wisatawan domestik (wisdom) ke Bali naik sekitar 40 persen. Kunjungan ini mulai meningkat sejak hari pertama cuti liburan lebaran pada tanggal 16 April 2023.

"Kalau dilihat dari data statistik, sekitar 40 persen, (ada kenaikan kunjungan wisdom). Untuk kedatangan wisatawan domestik 21 ribu di tanggal 16 April kemarin dan keberangkatannya (keluar Bali) mencapai 42 ribu (di hari yang sama)," kata Ketua Tim Pengembangan Pasar, JF Adyatama Kepariwisataan dan Ekraf dari Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Krisnawati saat dihubungi Selasa (25/4).

Tercatat, jumlah wisatawan domestik di hari normal bisa mencapai 14-15 ribu per hari, dan ada kenaikan siginifikan mulai tanggal 16 April kemarin di hari pertama libur lebaran. 

"Kalau saya lihat tingkat kunjungan akan meningkat sampai hari ini. Itu ada kenaikan terus tapi sekarang sudah mulai arus balik lagi, jadi mungkin akan ada penurunan," imbuhnya.

Dari data yang diberikan, pihaknya merinci untuk kedatangan wisdom sudah mulai ada peningkatan sejak pertengahan bulan April 2023 tercatat 192,047 kunjungan hingga tanggal 17 April dengan rata-rata per hari 12.003 kunjungan. Kunjungan mulai meningkat signifikan dimulai tanggal 16 april lalu, dengan total kunjungan dalam sehari mencapai 21,154 kunjungan.

Selain itu, jumlah keberangkatan atau keluar Bali wisatawan domestik terkait lebaran, sudah mulai terlihat adanya peningkatan jumlah penumpang yang keluar dari pintu masuk Bali, tercatat melalui pintu Pelabuhan Gilimanuk, di Kabupaten Jembrana, sejumlah 259,437 penumpang yang meninggalkan Bali sampai tanggal 17 April lalu dengan rata-rata 16,215 penumpang per hari.

Kemudian, untuk keberangkatan atau keluar Bali juga meningkat di Pelabuhan Gilimanuk pada tanggal 15 April 2023 lalu, dengan jumlah keberangkatan per hari mencapai 43,957 penumpang. Total harian ini merupakan keberangkatan terbanyak selama periode tahun 2023 ini.

Kemudian, data yang terupdate kedatangan pesawat dan jumlah penumpang yang datang melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai. Untuk jumlah maskapai international yang telah beroperasi tercatat hingga tanggal 11 April berjumlah 31 maskapai, data rata-rata jumlah kedatangan pesawat periode Bulan Maret hingga April 2023 sejumlah 326 pesawat.

"Pertumbuhan penumpang domestik dan internasional periode bulan April hingga tanggal 11 April lalu tercatat 488,763 penumpang. Kedatangan tertinggi tercatat di tanggal 9 April dengan jumlah kedatangan 54,746 penumpang," ujarnya.

Sementara, dikonfirmasi berbeda Kepala Dinas Pariwisata Bali, Tjok Bagus Pemayun mengatakan, bahwa kunjungan wisdom pihaknya memprediksi akan terus meningkat sampai pada Minggu (30/4) nanti atau puncaknya.

"Prediksinya terus (meningkat) sampai hari Minggu ini," ujarnya.

Sementara, untuk tingkat okupansi hotel selama libur lebaran mencapai 80 persen. Hal tersebut, setelah didata secara random di beberapa hotel wilayah Bali. Untuk di daerah Nusa Dua dan Kuta, di Kabupaten Badung, Bali rata-rata okupansi hotel sejak tanggal 20 April mencapai 80 persen.

Kemudian, di wilayah Sanur, Kota Denpasar, okupansi hotel mencapai 43 hingga 70 persen dan di wilayah Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali, okupansi hotel rata-rata mencapai 90 hingga 82 persen.

"Jumlah rata-rata okupansi hotel di Bali 80 persen," ujarnya. (sumber: merdeka)

Editor: Robby

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami