search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Kronologi Kudeta Niger, Paspampres Beraksi Hingga Militer Rebut Kuasa
Kamis, 27 Juli 2023, 14:12 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Kronologi Kudeta Niger, Paspampres Beraksi Hingga Militer Rebut Kuasa

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Militer mengklaim telah merebut pemerintahan Niger setelah pasukan pengawal presiden (paspampres) menahan Presiden Mohamed Bazoum dalam upaya kudeta pada Rabu (26/7).

Diberitakan AFP, kudeta ini bermula pada Rabu siang, ketika pasukan elite paspampres memblokir setiap akses ke kediaman dan kantor Bazoum.

Akses ke rumah dinas dan kantor Bazoum di kompleks kepresidenan di Ibu Kota Niamey itu ditutup, meskipun tak ada pengerahan militer dan suara tembakan.

Walau ditutup, lalu lintas di Niamey masih terlihat normal menurut wartawan AFP di lokasi kejadian.

"Anggota paspampres yang berkhianat menutup akses ke kediaman dan kantor presiden, dan setelah pembicaraan gagal, menolak untuk membebaskan presiden," kata seorang sumber yang dekat dengan presiden.

Pada Kamis, militer Niger pun mengklaim telah menggulingkan pemerintahan.

"Kami, pasukan pertahanan dan keamanan, telah memutuskan untuk mengakhiri rezim Presiden Bazoum," kata seorang tentara Niger bernama Amadou Abdramane dalam pidatonya.

Paspampres juga menyatakan saat ini semua institusi di Niger akan ditangguhkan, sementara semua perbatasan juga ditutup.

Mereka mendesak mitra eksternal untuk tidak ikut campur, serta mengumumkan bahwa jam malam akan diberlakukan "sampai pemberitahuan lebih lanjut."

"Ini sebagai akibat dari degradasi situasi keamanan yang terus berlanjut, serta tata kelola ekonomi dan sosial yang buruk," ujar Abdramane, seperti dikutip Associated Press.

Namun, kantor kepresidenan Niger mengklaim aksi kudeta paspampres ini tidak mendapat dukungan dari angkatan bersenjata nasional.

"Tentara dan garda nasional siap menyerang unsur-unsur paspampres yang terlibat dalam tindakan ini, jika mereka tidak kembali ke posisi yang lebih baik," demikian pernyataan pihak kepresidenan.

Pesan itu juga menegaskan bahwa Bazoum dan keluarganya saat ini dalam keadaan "baik-baik saja."

Sebelum paspampres mengklaim telah menggulingkan pemerintahan, ratusan warga berdemo di Niamey dan meneriakkan penolakan atas kudeta. Warga menegaskan bahwa mereka mendukung Bazoum dan tak setuju dengan tindakan paspampres yang dinilai tidak demokratis itu.

"Kami di sini untuk menunjukkan kepada orang-orang bahwa kami tidak senang dengan gerakan ini, untuk menunjukkan kepada orang-orang militer bahwa mereka tidak bisa begitu saja merebut kekuasaan seperti ini," kata seorang pedemo bernama Mohammed Sidi.

"Kami adalah negara demokratis. Kami mendukung demokrasi dan kami tidak butuh gerakan semacam ini."

Paspampres sempat melepaskan "tembakan peringatan" kala massa berada di sekitar 300 meter dari istana presiden.

Niger merupakan negara di Afrika Barat yang terkungkung daratan dan salah satu negara paling tidak stabil di dunia. Sudah empat kali kudeta terjadi di Niger sejak negara itu merdeka dari Prancis pada 1960.

Kudeta terakhir Niger berlangsung pada Februari 2010 saat menggulingkan Presiden Mamadou Tandja.

Para Maret 2021, sempat pula terjadi percobaan kudeta oleh militer selama dua hari sebelum pelantikan Bazoum.

Beberapa orang ditangkap dalam upaya kudeta gagal itu, termasuk dalangnya yaitu kapten angkatan udara Niger, Sani Gourouza. Dia ditangkap di Benin, negara tetangga Niger, dan langsung diserahkan kepada otoritas Niger.

Niger sendiri merupakan negara yang terdiri dari dua pertiga gurun pasir dan merupakan salah satu negara paling miskin di dunia.

Populasi Niger saat ini melonjak hingga 22,4 juta jiwa. Lonjakan ini akibat angka kelahiran yang melambung yakni rata-rata tujuh anak per ibu.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami