search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Jelang Galungan, Distan Badung Ingatkan Warga Masak Daging Babi Matang
Selasa, 1 Agustus 2023, 00:05 WITA Follow
image

beritabali/ist/Jelang Galungan, Distan Badung Ingatkan Warga Masak Daging Babi Matang.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BADUNG.

Dalam upaya memastikan kesehatan dan kelayakan daging babi sebelum dikonsumsi, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung memeriksa daging babi yang telah dipotong di sejumlah tempat pemotongan daging babi menjelang Hari Raya Galungan.

Bidang Kesehatan Hewan dinas terkait sudah mengadakan pemeriksaan sebelum pemotongan hewan sejak Sabtu (29/7/2023) lalu. 

Petugas pemeriksa pun sudah meminta masyarakat untuk memasak daging babi benar-benar matang saat diolah hal itu disampaikan, Kepala Bidang Kesehatan Hewan Badung I Gde Asrama di Badung, Senin (31/7/2023) di Badung.

"Jadi selain kami bertugas memastikan kesehatan hewan sebelum disembelih dan dagingnya setelah dipotong, warga juga jaga kebersihan. Semua daging jika untuk dikonsumsi wajib dimasak matang," jelasnya.

Puluhan dokter hewan disebar ke 62 desa memantau proses penyembelihan daging babi. Sebelumnya petugas sudah melakukan pemeriksaan antemortem guna memastikan kesehatan hewan sebelum disembelih. 

"Sudah dilakukan di hari Sabtu dan Minggu lalu," cetusnya.

Sedangkan pemeriksaan post mortem sudah dilakukan setelah hewan babi dipotong untuk mengecek kesehatan daging. Pemeriksaan post mortem akan berlanjut pada Selasa (1/8/2023).

Dirinya menyampaikan, dari data tercatat sebanyak 1227 ekor babi telah dipotong. Petugas mendatangi sejumlah tempat pemotongan daging babi khusus maupun di tempat yang digelar warga Badung.

"Ada 237 ekor babi yang dipotong di Kecamatan Petang, lalu Kecamatan Abiansemal 396 ekor, Mengwi 334 ekor, Kuta Utara 94 ekor, Kecamatan Kuta sebanyak 36 ekor babi, dan di Kecamatan Kuta Selatan 30 ekor babi," pungkasnya.

Editor: Robby

Reporter: bbn/aga



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami