search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Terkendala Suku Cadang LPJU, Dishub Karangasem Rencana Beralih ke LED Bertahap
Sabtu, 16 September 2023, 17:20 WITA Follow
image

bbn/ilustrasi/Terkendala Suku Cadang LPJU, Dishub Karangasem Rencana Beralih ke LED Bertahap.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Dinas Perhubungan Kabupaten Karangasem belum bisa melakukan perbaikan terhadap belasan titik lampu penerangan jalan umum (LPJU) yang tersebar di wilayah Kabupaten Karangasem. 

Salah satu yang belum diperbaiki yaitu di kawasan Pertigaan Duda, Kecamatan Selat, Karangasem. Menurut informasi, kondisi ini terjadi pada LPJU Konvensional yang masih menggunakan bola lampu pijar karena proses perbaikannya terganjal sulitnya memperoleh suku cadang untuk bola lampu LPJU jenis tersebut di pasaran. 

Ini juga diakui oleh PLT Kadishub Karangasem, I Komang Agus Sukasena saat dikonfirmasi wartawan pada Sabtu (16/9/2023). 

"Ya untuk LPJU Konvensional ini sulit sekali untuk mendapatkan suku cadangnya karena menurut informasi katanya sudah sedikit atau bahkan tidak ada yang menjualnya di pasaran khusus untuk suku cadang bola lampunya,"ujarnya. 

Atas kondisi tersebut, pihaknya berencana secara bertahap akan melakukan peralihan dari LPJU Konvensional menggunakan bola lampu pijar menjadi model LED. Menurutnya, lampu jenis LED selain memang saat ini suku cadang yang cukup mudah didapatkan juga cahayanya lebih terang, ramah lingkungan dan hemat energi. 

Untuk diketahui, saat ini jumlah lampu LPJU Konvensional di Karangasem jumlahnya sebanyak 3.087. Jumlah tersebut bisa dikatakan hampir 75 persen dari total keseluruhan LPJU di Karangasem hingga akhir tahun 2022 sebanyak 4.353 titik termasuk 325 titik diantaranya adalah LPJU bertenaga surya.

Editor: Robby

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami