search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Kian Mesra, Israel Ucapkan Selamat di Hari Nasional Arab Saudi
Minggu, 24 September 2023, 17:45 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Kian Mesra, Israel Ucapkan Selamat di Hari Nasional Arab Saudi

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Pada perayaan Hari Nasional Kerajaan Arab Saudi ke-93 yang jatuh pada Sabtu, 23 September 2023, Israel menyampaikan ucapan selamatnya.

Ucapan selamat itu menandai semakin dekatnya hubungan antara Israel dengan Arab Saudi, yang belakangan disebut menuju kemungkinan normalisasi hubungan.

"Kami menyampaikan ucapan selamat yang tulus kepada raja, pemerintah, dan rakyat Kerajaan Arab Saudi pada kesempatan hari nasional ke-93," kata Kementerian Luar Negeri Israel dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir AFP, Minggu (24/9).

"Semoga Allah memberi Anda sekalian kebaikan dan berkah, keamanan dan kemakmuran dengan harapan kami untuk suasana damai, kerja sama, dan hubungan bertetangga yang baik," tambahnya dalam pernyataan di akun berbahasa Inggris dan Arab di X (sebelumnya bernama Twitter).

Seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri Israel mengatakan kepada AFP bahwa ini adalah pertama kalinya pesan semacam itu dibagikan di akun berbahasa Inggris, namun pesan tersebut telah diposting dalam bahasa Arab sebelumnya.

Dalam pidatonya di Majelis Umum PBB pada hari Jumat (22/9), Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan: "Kita berada di titik puncak... perdamaian bersejarah antara Israel dan Arab Saudi."

Penguasa de facto Arab Saudi, Putra Mahkota Mohamed bin Salman, juga mengatakan kepada Fox News bahwa kedua negara semakin "dekat" untuk menormalisasi hubungan.

Beberapa negara Arab, termasuk Uni Emirat Arab dan Bahrain, menormalisasi hubungan mereka dengan Israel pada tahun 2020 berdasarkan apa yang disebut Perjanjian Abraham, tetapi Arab Saudi sejauh ini masih belum mengikuti jejak UEA dan Bahrain.

Hari Nasional Kerajaan Arab Saudi adalah hari libur umum di Arab Saudi yang dirayakan setiap tahun pada tanggal 23 September untuk memperingati proklamasi yang mengganti nama Kerajaan Najd dan Hijaz menjadi Kerajaan Arab Saudi pada tahun 1932 melalui dekrit kerajaan oleh Raja Abdulaziz al-Saud.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami