search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Ahli Diet Ungkap Protein Terbaik Untuk Turunkan Berat Badan, Apa Itu?
Minggu, 5 November 2023, 11:18 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Ahli Diet Ungkap Protein Terbaik Untuk Turunkan Berat Badan, Apa Itu?

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Saat ingin menurunkan berat badan Anda perlu memerhatikan asupan makanan harian, termasuk kebutuhan protein. Memang apa sih protein terbaik yang bisa dikonsumsi untuk bantu menurunkan berat badan?

Makanan kaya protein memiliki beragam manfaat, salah satunya adalah menciptakan rasa kenyang. Setelah menikmati makanan berprotein tinggi, Anda akan merasa kenyang lebih lama, sehingga membantu mengurangi keinginan untuk mengonsumsi camilan tidak sehat.

Itu sebabnya protein adalah salah satu alat terbaik yang harus dilengkapi selama perjalanan penurunan berat badan.

Namun dengan banyaknya pilihan makanan berprotein tinggi, manakah protein terbaik untuk menurunkan berat badan?

Ahli diet Amy Goodson mengatakan, protein lebih mengenyangkan dibandingkan karbohidrat dan lemak, sehingga dapat membantu mengurangi asupan kalori secara keseluruhan dengan membuat Anda merasa kenyang dan kenyang.

"Hal ini dapat menyebabkan berkurangnya ngemil dan makan berlebihan," jelas ahli diet Amy Goodson dikutip dari Eat This Not That.

"[Selain itu,] efek termis makanan (TEF) lebih tinggi pada protein dibandingkan karbohidrat dan lemak. Ini berarti tubuh Anda mengeluarkan lebih banyak energi untuk mencerna dan memetabolisme protein, yang dapat meningkatkan pengeluaran kalori harian Anda secara keseluruhan."

Perlu juga dicatat bahwa diet tinggi protein dapat mendukung tujuan penurunan lemak sekaligus membantu Anda mempertahankan otot tanpa lemak.

"Protein membantu tubuh menggunakan lemak sebagai energi, yang dapat berkontribusi pada hilangnya lebih banyak lemak tubuh," tambah Goodson.

Telur protein terbaik untuk diet

Goodson menjelaskan bahwa semua protein berkualitas tinggi seperti ikan, daging sapi, unggas, telur, dan produk susu dapat mendukung tujuan penurunan berat badan karena membantu Anda tetap kenyang.

"Namun, telur adalah sumber protein terbaik untuk menurunkan berat badan karena beberapa alasan," kata Goodson.

Berikut sejumlah alasan telur jadi protein terbaik untuk diet menurunkan berat badan:

1. Telur adalah sumber protein kualitas tinggi

Goodson menjelaskan telur dianggap sebagai sumber protein lengkap. Jenis makanan kaya protein ini menawarkan setiap asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh.

"Protein berkualitas tinggi ini penting untuk menjaga dan memperbaiki jaringan otot, yang sangat berguna selama penurunan berat badan ketika Anda mencoba mempertahankan massa otot tanpa lemak," tambah Goodson.

2. Rendah kalori

Di dalam telur berukuran besar terkandung hanya 72-78 kalori. Jumlah kalori yang relatif rendah ini menjadikan telur sebagai makanan pokok penurunan berat badan.

"Dan pilihan hemat kalori bagi mereka yang ingin mengontrol asupan kalori sambil tetap mendapatkan nutrisi penting," kata Goodson.

3. Kaya nutrisi

Melansir Medical News Today, telur juga mengandung nutrisi seperti lutein dan zeaxanthin yaitu antioksidan yang mendukung kesehatan mata. Telur juga mengandung vitamin D yang menjaga kesehatan tulang dan fungsi imun, serta choline yang bisa meningkatkan metabolisme dan perkembangan otak.

4. Mengontrol gula darah

"Telur memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti berdampak minimal terhadap kadar gula darah," kata Goodson.

Hal ini dapat membantu mencegah lonjakan dan penurunan kadar gula darah, serta mengurangi nafsu makan yang tidak sehat.

5. Telur makanan serba guna

Telur adalah makanan serbaguna yang dapat disiapkan dengan berbagai cara lezat. Ini berarti telur adalah tambahan yang tepat untuk rotasi makan mingguan Anda.

Anda dapat menikmatinya sebagai orak-arik dengan sayuran segar untuk sarapan atau direbus di atas roti panggang alpukat untuk makan siang.

Selain itu, Anda juga bisa menyiapkan beberapa telur rebus untuk dijadikan camilan sehat.

6. Harganya terjangkau

Selain tinggi protein, rendah kalori, kaya akan nutrisi yang punya banyak manfaat untuk kesehatan, keistimewaan telur kian lengkap karena harganya yang terjangkau.

"Ini membuatnya lebih mudah diakses oleh sebagian besar keluarga dan merupakan cara terbaik untuk mendapatkan protein dalam pola makan keluarga," ujar Goodson.

Takaran protein untuk diet

Pertanyaan selanjutnya, berapa takaran protein yang tepat yang harus dikonsumsi untuk membantu menurunkan berat badan?

Goodson menjelaskan bahwa itu tergantung pada masing-masing individu.

"Kebutuhan protein bersifat individual bagi setiap orang, berdasarkan berat badan dan jenis atau jumlah olahraga," kata Goodson.

Tidak ada rekomendasi untuk semua individu. Aturan praktis yang baik adalah memasukkan 25 hingga 30 gram protein berkualitas tinggi pada ketiga kali makan dan kemudian memasukkan 10 hingga 20 gram pada camilan.

"Rentang Distribusi Makronutrien yang Diterima (AMDR) mengakui bahwa Anda dapat mengonsumsi 10 persen hingga 35 persen dari total kalori yang berasal dari protein secara sehat tergantung pada gaya hidup dan aktivitas Anda."(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami