search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Lulus Training Wamil Bareng V, RM BTS Beri Pidato Saat Wisuda
Selasa, 16 Januari 2024, 16:13 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Lulus Training Wamil Bareng V, RM BTS Beri Pidato Saat Wisuda

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

RM dan BTS">V BTS telah lulus dari pelatihan dasar wajib militer pada hari ini, Selasa (16/1). Keduanya terlihat menghadiri upacara wisuda di Nonsan, Korea Selatan.

Kedua member BTS itu termasuk dalam enam lulusan elite yang memberikan performa di atas rata-rata saat menjadi peserta pelatihan dasar.

Dalam sejumlah video yang beredar di media sosial, komandan militer itu terdengar memanggil nama asli RM dan V, Kim Nam-joon dan Kim Tae-hyung. Keduanya kemudian terlihat menerima penghargaan dan berjabat tangan dengan komandan mereka.

Selain itu, BTS">RM BTS juga memberikan pidato dalam upacara kelulusan tersebut yang ditampilkan dalam bentuk video.

Saat memberikan pidato, RM membetulkan bahwa ia menunda lama untuk mendaftarkan wajib militer. Dia pun mengaku ketakutan ketika akhirnya ikut wamil saat usianya sudah 29 tahun.

"Karena saya bergabung dengan militer di usia yang cukup tua, saya takut dan khawatir akan banyak hal," kata RM saat berpidato, berdasarkan dari video yang diunggah akun @jooniefighting lewat X (dulu Twitter), Selasa (16/1).

"Juga, karena saya terlambat mendaftar, sebagian besar rekan di asrama tempatku tinggal adalah rekan-rekan trainee yang lebih muda yang berusia sekitar 10 tahun lebih muda dari saya," lanjutnya.

Meski demikian, RM mengatakan kini telah memahami alasan di balik wajibnya pria mengikuti pelatihan militer di Korea.

RM juga mendapatkan pengalaman yang berbeda ketika dia akhirnya masuk wamil. Terutama, ketika dia akhirnya bisa membangun hubungan pertemanan dengan rekan sesama anggota wamil.

"Saat saya berjalan bersama rekan-rekan saya sepanjang malam dan memandangi bintang-bintang serta bersorak bersama selama menghadapi masa yang sulit, saya dapat merasakan persahabatan yang selama ini cuma saya dengar," tuturnya.

RM pun berterima kasih kepada para atasannya yang selama ini membimbingnya selama mengikuti pelatihan dasar, terutama karena dia merasa asing dengan lingkungan barunya itu.

"Saya bisa menemukan makna, kesenangan, dan penghargaan dalam kehidupan militer. Saya ingin menyampaikan rasa syukur saya," ujar leader BTS itu.

RM dan V sama-sama mulai menjalani wajib militer pada 11 Desember 2023 setelah diantar oleh lima anggota BTS lainnya.

Keduanya mengikuti jejak Jin yang menjadi member BTS pertama yang ikut wamil pada 13 Desember 2022, diikuti J-Hope pada 18 April 2023, dan Suga BTS pada 22 September lalu.

Setelah RM dan V, Jimin dan Jungkook menjadi dua member terakhir yang menjalani wamil pada 12 Desember lalu. Sehingga, ketujuh member BTS diperkirakan bakal comeback sebagai grup pada 2025.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami