search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Jokowi Ingatkan Mahkamah Agung: Pengadilan Harus Berikan Rasa Adil
Selasa, 20 Februari 2024, 14:02 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Jokowi Ingatkan Mahkamah Agung: Pengadilan Harus Berikan Rasa Adil

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Presiden Joko Widodo mengingatkan Mahkamah Agung (MA) penegakan hukum harus memberikan rasa adil kepada masyarakat.

Jokowi memuji MA mampu memutus 99,47 persen perkara pada 2023. Namun, ia menilai kualitas putusan lebih menjadi prioritas dibandingkan kuantitas.

"Yang paling utama adalah kualitas putusan bahwa putusan pengadilan harus memberikan rasa keadilan, memberikan kepastian hukum, dan mendukung pembangunan bangsa dan negara menuju Indonesia maju," kata Jokowi pada Laporan Tahunan Mahkamah Agung di Jakarta Convention Center, Selasa (20/2).

Jokowi mendukung upaya reformasi internal yang telah dilakukan MA. Menurutnya, MA perlu terus berbenah untuk menghadirkan keadilan untuk semua kalangan.

Dia mendorong MA untuk menerapkan sistem restorative justice dalam penyelesaian perkara di pengadilan. Dia menilai hal itu sebagai terobosan penyelesaian perkara era modern.

Jokowi juga mengapresiasi MA soal keterbukaan publik. Jokowi menyoroti publikasi 22 ribu putusan dalam direktori putusan yang bisa diakses publik.

"Saya sangat berharap reformasi sistem ini menjadi bagian penting bagi kemajuan bangsa kita Indonesia," ucap Jokowi.

"Sekali lagi, memberikan rasa keadilan, kepastian hukum dan good governance, menyelamatkan aset negara, meningkatkan kesejahteraan rakyat, terutama lapis bawah, dan membawa Indonesia naik menjadi negara berpenghasilan tinggi," ujarnya.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami