search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Akhir dari Adu Mulut WNA India dengan Pemangku Pura Tirta Empul
Selasa, 14 Mei 2024, 15:20 WITA Follow
image

beritabali/ist/Akhir dari Adu Mulut WNA India dengan Pemangku Pura Tirta Empul.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Seorang pemangku di Pura Tirta Empul, Desa Manukaya, Kecamatan Tampaksiring terlibat adu mulut dengan seorang WNA India. Videonya viral di media sosial dan mendapatkan banyak tanggapan warganet. 

Awalnya, WNA India tersebut ingin sembahyang di pura menggunakan pakem India. Namun, sesuai aturan dan tradisi di Pura Tirta Empul, setiap umat yang datang, wajib dipimpin oleh pemangku. Namun WNA India ini tidak mau. Ia ingin doa sendiri tanpa dipandu pemangku.

Hal ini menjadi perdebatan di antara keduanya. Selisih paham tersebut langsung ditindaklanjuti oleh Polsek Tampaksiring agar tidak berbuntut panjang.

Kapolsek Tampaksiring, AKP Agus Ady Wijaya, membenarkan pihaknya telah menggali informasi terkait kejadian yang berlangsung Sabtu, 11 Mei 2024. 

“Permasalahan yang dapat kami gali, bahwa wisman India mau sembahyang di dalam (mandala utama pura) tapi tidak boleh. Disini terjadi kesalahpahaman,“ ujar Agus Ady.

Dikatakan bahwa WNA India itu di negaranya punya kasta tertinggi, sehingga tidak masalah sembahyang di manapun. Namun aturan pura memang tidak sembarangan memperbolehkan orang sembahyang. 

“Maka disini terjadi salah paham, hingga pemangku memanggil pecalang,” jelasnya.

Dikatakan lagi, bahwa persoalan ini tidak sampai panjang. Setelah diberikan pemahaman pelan-pelan, persoalan itu sudah selesai saat itu juga. 

“Sudah selesai waktu itu, tidak diperpanjang,“ tutup dia.

Editor: Robby

Reporter: bbn/gnr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami