search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Gempa Magnitudo 5,1 Guncang Sumbawa Barat, Terasa di Denpasar hingga Gianyar
Kamis, 6 Juni 2024, 21:58 WITA Follow
image

bbn/ilustrasi/Gempa Magnitudo 5,1 Guncang Sumbawa Barat, Terasa di Denpasar hingga Gianyar.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Gempa berkekuatan atau magnitudo 5,1 mengguncang wilayah Sumbawa Barat NTB, Kamis malam (6/6/2024), pukul 20.15.40 WIB. 

Berdasarkan analisis Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) menunjukkan episenter gempa Sumbawa Barat NTB ini terletak pada koordinat 9,22° LS ; 116,94° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 52 Km arah Tenggara Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat, dengan kedalaman gempa 10 km.

Kepala Bidang Mitigas Gempa dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya sesar aktif dasar laut (submarine active fault).

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser naik (oblique thrust)," kara Daryono.

Gempa ini dirasakan di Kota Gianyar, Badung, dan Denpasar dengan skala intensitas III MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa tidak berpotensi tsunami," katanya.

Hingga pukul 20.30 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Meski begitu warga diimbau tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya gempa susulan.

Editor: Robby

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami