search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Bawaslu Bali: SDM Handal, Pilar Penting dalam Pengawasan Proses Elektoral
Minggu, 28 Juli 2024, 00:08 WITA Follow
image

beritabali/ist/Bawaslu Bali: SDM Handal, Pilar Penting dalam Pengawasan Proses Elektoral.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Dalam menghadapi tahapan proses elektoral yang semakin kompleks, soliditas sumber daya manusia (SDM) menjadi salah satu faktor kunci yang menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemilihan yang jujur, adil, dan transparan. 

Hal itu ditekankan Ketua Bawaslu Bali, I Putu Agus Tirta Suguna saat membuka Evaluasi dan Pembinaan Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Soliditas Bawaslu Provinsi dan Kabupaten/Kota se Bali, Sabtu, (27/7/2024).

Soliditas SDM, Lanjut Suguna, mencakup berbagai aspek, mulai dari, kompetensi teknis hingga, moralitas dan etika kerja yang tinggi.

"Pengawas Pemilu yang terlatih dengan baik mampu mengantisipasi dan mengatasi berbagai tantangan, terkhusus polemik politik lokal yang kompleks, baik teknis maupun non-teknis," katanya.

Lebih jauh, Suguna menyebutkan, bahwa dengan SDM yang kompeten dan berintegritas, potensi kecurangan dan pelanggaran dapat diminimalisir, sehingga setiap suara yang diberikan oleh masyarakat benar-benar dihargai dan dijaga kemurniannya.

"Soliditas SDM bukan hanya tentang kemampuan teknis, tetapi juga menyangkut integritas dan komitmen terhadap prinsip-prinsip demokrasi itu sendiri," paparnya.

Selanjutnya Anggota Bawaslu Bali, Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi, Pendidikan dan Pelatihan, I Nyoman Gede Putra Wiratma menyebutkan, bahwa banyak hal yang harus pihaknya siapkan, terutama internal Bawaslu dalam mengawal proses Pemilihan di Bali.

"Keserentakan ini pada dasarnya bukan memudahkan, tapi menjadi beban tambahan terhadap penyelenggara, tidak ada lagi kata tidak siap hari ini. Untuk itu kami di Bawaslu harus mempersiapkan kinerja maksimal SDM kami dalam mengawal proses Demokrasi," tutupnya.

Editor: Robby

Reporter: bbn/aga



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami