search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Meriahkan HUT RI, Kecamatan Sukawati Gelar Lomba Lawar
Rabu, 7 Agustus 2024, 16:59 WITA Follow
image

beritabali/ist/Perbekel Batuan Ari Anggara beserta istri dan tim saat mengikuti lomba membuat lawar.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Untuk memeriahkan HUT RI ke-79, Kecamatan Sukawati menggelar lomba membuat masakan lawar antar desa di kecamatan Sukawati. Dari 12 desa yang beradu, lawar racikan Perbekel Batuan Ari Anggara keluar sebagai juara satu.

Camat Sukawati I Gede Daging mengatakan peserta lomba memang diwajibkan langsung terlibat Kepala Desa beserta istri, Ketua BPD dan 2 staf. Lomba lawar ini digelar karena kuliner khas Bali diketahui memang banyak bertebaran di pelosok-pelosok desa se-kecamatan Sukawati. 

"Tiap desa memiliki ciri khas tersendiri," ujarnya.

Lawar yang dilombakan kali ini menggunakan satu ekor daging bebek untuk masing-masing peserta. "Perlengkapan lomba dibawa langsung oleh peserta termasuk kompor, talenan, blakas dan lain-lain," ujarnya.

Untuk bumbu masih mentah, kecuali bawang merah dan bawang putih goreng. "Nangka, kelapa sudah matang. Lawar gadang bisa menggunakan kacang panjang, bulun bon atau daun belimbing," jelasnya.

Adapun waktu selama 3 jam. Dan peserta diminta menyajikan 2 porsi lawar merah. "Kriteria yang dinilai yakni rasa, penyajian, kerja sama dan proses pengolahan," imbuhnya. 

Untuk pemenangnya, Juara 1 Perbekel Batuan Ari Anggara; Juara 2 Desa Ketewel dan Juara 3 Desa Singapadu Kaler. 

Editor: Robby

Reporter: bbn/gnr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami