search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Ngusaba Tipat di Pura Masceti, Ada Sesajen Khusus Dihaturkan ke Laut Lepas
Sabtu, 10 Agustus 2024, 17:04 WITA Follow
image

beritabali/ist/Ngusaba Tipat di Pura Masceti, Ada Sesajen Khusus Dihaturkan ke Laut Lepas.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Upacara Ngusaba Tipat berlangsung di Pura Masceti, Blahbatuh. Upacara di pura di tepi Pantai Masceti itu sebagai wujud syukur masyarakat terhadap hasil alam yang selama ini diberikan.

Diawali dengan menghaturkan ketupat ke pura. Kemudian para pria melakukan perang tumbang dan tedung saji. Selanjutnya, acara diakhiri dengan saling melempar tipat di antara dua kelompok.

Tradisi ini mirip dengan perang ketupat di Kapal, Badung. Tradisi Ngusaba Tipat ini merupakan tradisi turun temurun yang dilaksanakan sebagai bentuk syukur atas hasil panen yang melimpah. Warga subak mempersembahkan sesajen khusus menghadap laut lepas di Pantai Masceti wilayah tersebut.

Sebelum dilaksanakannya ngusaba tipat ini, terlebih dahulu dilaksanakan pengaci peneduh yang memiliki arti untuk menghalau hama yang tujuannya untuk menetralisir keadaan alam khususnya sawah agar seimbang dan dapat melancarkan panen nantinya. 

Acara Ngusaba Tipat juga diatensi oleh Kapolsek Blahbatuh Kompol Made Berata yang menyapa masyarakat pengempon pura guna menjalin komunikasi sekaligus menyerap informasi bertalian dengan kegiatan yang dilaksanakan.

"Dalam mengamankan jalannya Upacara Ngusaba Tipat kami berkolaborasi dengan Sat Pol Air Polres Gianyar dan Pecalang Desa Adat setempat, pengamanan dilaksanakan pada areal upacara dan parkir," ujarnya.

Pihaknya mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga kewaspadaan. "Hati-hati dalam penggunaan dupa persembahyangan dan aktivitas di bibir pantai utamanya bagi yang mengajak anak anak agar tetap diawasi," tandas Kompol Berata. 

Editor: Robby

Reporter: bbn/gnr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami