search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Konsumsi 7 Buah Ini Untuk Memelihara Kesehatan Jantung
Senin, 30 September 2024, 13:30 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Konsumsi 7 Buah Ini Untuk Memelihara Kesehatan Jantung

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan jantung, salah satunya dengan mengonsumsi buah-buahan tertentu. Apa saja buah yang bagus untuk kesehatan jantung?

Sudah bukan rahasia lagi buah termasuk panganan yang memiliki banyak nutrisi bermanfaat untuk tubuh. Terlebih lagi, buah ternyata juga punya manfaat luar biasa untu memelihara kesehatan jantung.

Sebuah studi pada 2019 yang diterbitkan dalam jurnal Current Medicinal Chemistry mengungkap bahwa pola makan yang kaya buah, di antara makanan lainnya, memiliki efek perlindungan kardiovaskular yang kuat.

Oleh karena itu, jangan lupa memasukkan buah-buahan ke dalam menu harian Anda agar kesehatan jantung selalu terjaga.

Berikut ini beberapa buah yang bagus untuk kesehatan jantung melansir berbagai sumber.

1. Buah beri
Melansir Eating Well, buah beri seperti blueberry, blackberry, raspberry, dan strawberry mengandung vitamin C, folat, serat, mangan, dan kalium.

Selain itu, buah ini mengandung antosianin, yaitu sekelompok pigmen tanaman berwarna merah tua, biru, dan ungu. Antosianin kaya akan antioksidan kuat yang mendukung kesehatan kardiovaskular.

Sebuah studi pada 2021 yang diterbitkan dalam Biomolecules menemukan bahwa antosianin adalah "pendekatan yang murah, mudah diakses, dan efektif" untuk membantu mencegah aterosklerosis (penumpukan plak arteri) dan mengurangi risiko penuaan dan penyakit kardiovaskular.

USDA mencatat satu cangkir blackberry menyediakan lebih dari sepertiga nilai kebutuhan harian vitamin C dan 5 persen dari asupan kalium harian.

2. Pepaya
Pepaya mengandung banyak nutrisi yang ramah jantung seperti potasium dan antioksidan vitamin A dan C. Menurut USDA, 1 cangkir potongan pepaya menyediakan hampir 100 persen kebutuhan harian vitamin C dan 8 persen kebutuhan harian vitamin A.

Kekurangan vitamin A dan C telah dikaitkan dengan kelainan kardiovaskular di mana suplementasi dengan vitamin ini diklaim dapat mengurangi risiko kardiovaskular, seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, aterosklerosis, serangan jantung, dan gagal jantung, berdasarkan ulasan yang diterbitkan di Frontiers in Physiology pada 2021 lalu.

3. Apel
Melansir Better Homes and Gardens, apel termasuk buah yang bagus untuk kesehatan jantung. Selain sehat untuk jantung, apel juga kaya akan serat dan flavonoid yang baik untuk pola makan harian Anda.

Pilihlah buah apel yang masih segar, tidak bonyok atau terdapat memar.

4. Pisang
Sejumlah penelitian mengungkapkan, makan pisang setiap hari dapat membantu mencegah serangan jantung dan stroke. Pisang kaya akan vitamin B6, C, serat, magnesium, dan potassium yang bisa menghentikan penyumbatan, pengerasan, dan penyempitan pembuluh darah. Cara terbaik mengonsumsi pisang secara makan langsung tanpa diolah.

5. Aprikot
Aprikot mengandung vitamin A, C, E, K, dan memiliki banyak kandungan serat. Warna oranye pada aprikot berasal dari antioksidan karotenoid.

Semua kandungan itu berkontribusi meningkatkan fungsi jantung. Vitamin C misalnya, melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas, sementara kalium menurunkan tekanan darah dengan melemaskan pembuluh darah dan arteri.

Anda bisa mengonsumsi buah aprikot sebagai topping pada sereal. Pilih buah aprikot yang segar dan berwarna oranye tua.

6. Alpukat
Menukil Healthline, alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung, yang telah dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol dan penurunan risiko penyakit jantung.

Mengonsumsi setidaknya dua porsi alpukat setiap minggu dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular sebesar 16 persen dan penurunan risiko penyakit jantung koroner sebesar 21 persen.

Selain itu, pada studi dalam Journal of the American Heart Association (JAHA), alpukat dalam membantu meningkatkan kesehatan, seperti menurunkan kadar kolesterol jahat, meningkatkan kolesterol baik, dan memelihara fungsi pembuluh darah.

7. Anggur merah
Kandungan polifenol yang tinggi pada anggur merah menjadikannya buah luar biasa lainnya untuk melindungi kesehatan jantung.

Studi pada jurnal Molecules pada 2021 menunjukkan polifenol yang ditemukan dalam anggur telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan manusia dalam mengobati penyakit kardiovaskular dan diabetes dengan mengurangi stres oksidatif, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi peradangan.

Selain itu, anggur merah tinggi akan kandungan antioksidan, polifenol, flavanol, serat dan resveratrol, yang dapat membantu menurunkan peradangan.

Itulah buah yang bagus untuk kesehatan jantung yang bisa Anda konsumsi. Semoga bermanfaat. (sumber: cnnindonesia.com)


 

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami