search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Tentara Rusia Ungkap 'Neraka' di Ukraina, Curhat Pada Ibu
Rabu, 21 Desember 2022, 12:51 WITA Follow
image

beritabali.com/cnbcindonesia.com/Tentara Rusia Ungkap 'Neraka' di Ukraina, Curhat Pada Ibu

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Ukraina kembali menyadap beberapa panggilan telepon yang dilakukan pasukan Rusia yang sedang berperang dengannya. Panggilan telepon itu menggambarkan situasi pasukan Kremlin yang dilaporkan belum mencetak kemajuan signifikan.

Salah satu panggilan telepon yang tersadap adalah dari seorang prajurit Rusia bernama Andrey pada 8 November 2022 di kota Lyman, yang telah kembali ke tangan Ukraina. Andrey memutuskan untuk mengabaikan perintah atasannya dan menelepon ibunya dengan telepon seluler yang tidak sah.

"Tidak ada yang memberi kami makan apapun, Bu. Persediaan kami buruk, jujur saja. Kami menimba air dari genangan air, lalu menyaringnya dan meminumnya," keluhnya dalam panggilan telepon itu dikutip The Guardian, Rabu (21/12/2022).

Dua hari sebelum Andrey menelepon, Rusia mulai menembaki posisi Ukraina dengan bom fosfor. Namun menurutnya, amunisi itu tidak mengubah peta pertarungan.

"Di mana misil yang dibanggakan Putin? Ada gedung tinggi tepat di depan kami. Tentara kita tidak bisa memukulnya. Kami membutuhkan satu rudal jelajah Kaliber dan hanya itu."

Panggilan telepon lainnya juga dibagikan kepada The Guardian. Media Inggris itu mendapat percakapan pada 6 November antara seorang ayah dan kolega putranya, Andrei, yang terbunuh saat bertugas di Brigade Senapan Bermotor ke-35, kompi ke-5.

"Bala bantuan: tidak; komunikasi: tidak. Mereka bilang kami tidak diizinkan mundur. Kalau tidak, kita mungkin akan ditembak," jawab seorang tentara atas pertanyaan dari orang tuanya.

Dalam penyadapan ketiga dari 26 Oktober, seorang tentara di wilayah Donetsk memberitahu istrinya bagaimana ia melarikan diri bersama tiga orang lainnya dari pertumpahan darah dan sedang mempertimbangkan untuk menyerah.

"Saya di dalam kantong tidur, semuanya basah, batuk, umumnya kacau. Kami semua diizinkan untuk disembelih," terangnya.

Pada periode pertama perang, kurangnya keamanan di sekitar komunikasi Rusia membuat percakapan tentang strategi antara komandan militer dapat disadap. Bahkan, hal ini dapat dilakukan oleh amatir berkat penggunaan frekuensi radio terbuka oleh militer.

Pakar dunia maya yang mengepalai Akselerator Kebijakan Silverado, Dmitri Alperovitch, mengatakan bahwa ini disebabkan banyaknya militer Rusia yang membawa telepon selulernya ke garis depan.

"Itu tidak menimbulkan terlalu banyak kesulitan bagi dinas keamanan Ukraina," ujarnya.

Dalam tubuh militer, beberapa panggilan yang dicegat menawarkan nilai keterbatasan dalam sikap pasukan tempur Rusia. Seorang sumber Kremlin memberikan contoh larangan pada 2013 lalu untuk mengganti iPhone dengan smartphone Yoto buatan Rusia yang nyatanya tidak diindahkan.

"Tapi semua orang tetap menggunakan iPhone sebagai ponsel kedua karena jauh lebih baik. Kami hanya akan menyimpan iPhone di laci mobil ketika kami kembali dari kantor. Pada akhirnya, kementerian menyerah dan berhenti peduli. Jika atasan tidak memperhatikan keamanan dengan sangat serius, bagaimana Anda bisa mengharapkan disiplin apapun dalam pasukan reguler?," paparnya.(sumber: cnbcindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami