News

10.000 Manuskrip Ditargetkan Terdigitalisasi Hingga 2014

 Selasa, 15 November 2016, 23:13 WITA

religi.wordpress.com/Kitab Negarakertagama

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Badung. 

Perpusatakaan Nasional menargetkan untuk melakukan digitalisasi terhadap lebih dari 10.000 manuskrip (naskah kuno) hingga 2014. Manuskrip yang digitalisasi tersebut adalah manuskrip yang tersimpan di Perpustakaan Nasional dan salah satunya adalah manuskrip tertua di Indonesia yaitu Kitab Negarakertagama yang diperkirakan telah ada sejak zaman Kerajaan Majapahit.

Kepala Perpustakaan Nasional Sri Sularsih menyampaikan proses perubahan ke bentuk digital nantinya juga akan diikuti dengan alih bahasa sehingga bisa dipelajari oleh masyarakat umum. Pemerintah juga sedang melakukan pendekatan untuk mendapatkan salinan manuskrip Indonesia yang berada di perpustakaan di luar negeri.

Terbukti Sekitar 26.000 manuskrip kuno Indonesia saat ini berada di Perpustakaan Universitas Leiden Belanda. “Kita sudah berkunjung kemarin ke Leiden, Leiden juga sudah diap, digitalnya boleh, dia siap memberikan tetapi harus ditaruh ditempat yang terjaga, semuanya siap untuk memberikan digitalnya tapi yang mengembalikan naskah kuno sih rasanya gak ada,” jelasnya, Selasa 29 Mei 2012. Sri Sularsih menambahkan keterbatasan dana juga menjadi kendala dalam pemeliharaan manuskrip, terbukti tahun ini pemerintah hanya mampu mengalokasikan dana sekitar Rp. 400 milyar rupiah.

 

Sementara Guna mempercepat proses digitalisasi manuskrip yang ada di daerah dan milik masyarakat, pemerintah kini telah mengembangkan pusat layanan digitalisasi di 6 daerah diantaranya di Riau, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Bali, Jogya, dan Nusa Tenggara Timur.

Penulis : bbn/mul

Editor : Tantri



Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Bupati Badung 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending