Kesehatan

5 Ikan Yang Tidak Boleh Untuk MPASI, Mengandung Tinggi Merkuri

 Selasa, 03 Oktober 2023, 21:08 WITA

beritabali.com/cnnindonesia.com/5 Ikan Yang Tidak Boleh Untuk MPASI, Mengandung Tinggi Merkuri

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

Mengenalkan ikan kepada bayi memang dianjurkan di awal masa MPASI-nya karena mengandung tinggi protein. Namun, tak semua jenis ikan bisa langsung diberikan kepada bayi untuk dikonsumsi saat MPASI.

Apa saja ikan yang tidak boleh untuk MPASI?

Ikan merupakan salah satu sumber nutrisi protein yang penting untuk mendukung tumbuh kembang bayi. Melansir Parenting First Cry, ada banyak manfaat pemberian ikan untuk MPASI bayi.

Selain mengandung protein tinggi, ikan juga kaya akan asam lemak omega 3 dan 6 yang dapat mendukung perkembangan otak bayi. Ikan juga bermanfaat merawat kesehatan jantung dan mata anak.

Hanya saja, sebagai orang tua perlu berhati-hati dalam memilih ikan untuk dikonsumsi bayi untuk MPASI.

Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) menyatakan bahwa ikan yang mengandung merkuri tidak boleh diberikan kepada bayi untuk MPASI.

Paparan zat merkuri dengan kadar yang tinggi sangat berbahaya bagi tubuh anak. Bahkan dapat merusak sistem saraf dan fungsi otak bayi.

Mengutip berbagai sumber, berikut ini sejumlah ikan yang tidak boleh untuk MPASI.

1. Ikan hiu

Ikan hiu termasuk ikan yang tidak boleh diberikan kepada bayi untuk MPASI. Pasalnya, jenis ikan yang satu ini tinggi akan kandungan merkurinya.

Merkuri adalah logam berat yang dapat membahayakan perkembangan saraf bayi. Paparan merkuri bisa mengganggu sistem saraf dan perkembangan otak, yang dapat berdampak negatif pada kemampuan belajar dan pertumbuhan anak.

2. Ikan todak

Ikan todak memiliki ukuran yang cukup besar. Dagingnya juga cukup banyak dan lezat. Tapi, kebanyakan ikan ini justru mengandung merkuri yang cukup tinggi.


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Trending