Informasi

Begini Capaian Dua Tahun Kepemimpinan Bupati Gede Dana dan Wabup Wayan Artha Dipa

 Senin, 27 Februari 2023, 21:28 WITA

beritabali/ist/Begini Capaian Dua Tahun Kepemimpinan Bupati Gede Dana dan Wabup Wayan Artha Dipa.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Karangasem. 

Dua tahun kepemimpinan Bupati Karangasem I Gede Dana dan Wakil Bupati I Wayan Artha sejak dilantik pada 26 Februari 2021 lalu, berbagai perubahan telah dilakukan dalam memajukan Kabupaten Karangasem dengan visi-misi Nagun Sat Kerthi Loka Bali di Karangasem dengan Pola Pembangunan Semesta Berencana, mewujudkan Karangasem Era Baru yang Pradnyan, Kertha Santhi dan Nadhi (Pakerthi Nadi). 

Reformasi Birokrasi

Hal pertama yang dilaksanakan Gede Dana di awal pemerintahannya saat itu adalah melakukan reformasi birokrasi dengan berbagai pembenahan di lingkup pemerintahan, untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih dan akuntabel, utamanya dari sisi pelayanan terhadap masyarakat.

Reformasi birokrasi dan pembenahan manajemen kepegawaian di lingkungan Pemkab Karangasem yang dilaksanakan oleh Bupati Karangasem, I Gede Dana, berhasil membawa Kabupaten Karangasen meraih penghargaan BKN Award 2022. Sebuah penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah Pusat atas menatalaksanaan serta  implementasi manajemen kepegawaian dan sesuai prosedur standar. 

Tata kelola pemerintahan yang bersih dan akuntabel ini pula yang mengantarkan Pemkab Karangasem meraih penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK tujuh kali berturut-turut. Artinya dalam tata kelola pemerintahan dan pengelolaan keuangan dan aset daerah, Bupati Gede Dana senantiasa menekankan prinsip kehati-hatian dan selalu mematuhi peraturan perundang-undangan, dalam rangka proses akuntabilitas kepada masyarakat. Sehingga bisa memunculkan kepercayaan masyarakat terhadap institusi publik.

Inovasi dalam tata kelola pemerintahan dan layanan publik

Dalam hal tata kelola pemerintahan dan layanan publik, dalam dua tahun kepemimpinannya, berbagai program inovasi diluncurkan oleh Bupati Gede Dana untuk meningkatkan serta mendekatkan layanan pemerintah kepada masyarakat, utamanya dalam layanan administrasi kependudukan yang menjadi parameter penting layanan sosial kemasyrakatan. Inovasi tersebut antaralain, Program Jana Kerthi yakni pengurusaan administrasi kependudukan tuntas di desa. Dimana yang dialayani adalah Akta Kelahiran, Akta Perkawinan, Akta Perceraian, Kartu Keluarga, Surat Pindah, KTP dan Kartu Identitas Anak (KIA). 

Program Atma Kerthi yang pemberian penghargaan kepada warga yang mengurus akta kematian keluarganya yang telah meninggal. Sejak program ini diluncurkan oleh Bupati Karangasem, I Gede Dana beberapa waktu lalu tercatat ada sebanyak 384 orang warga yang telah mengaksesnya, dimana dari jumlah tersebut 247 permohonan diantaranya telah caair. Dimana penghargaan yang diberikan sebesar Rp. 2 Juta. 

Program ini berdampak secara langsung terhadap kemajuan update data administrasi kependudukan, yang sangat penting bagi pemerintah, utamanya dalam hal bantuan sosial dan Universal Healt Coverage (UHC) BPJS Kesehatan. Inovasi selanjutnya adalah Beladana, begitu lahir langsung dapatkan akta yaitu layanan akta kelahiran bekerjasama dengan RSUD Karangasem, Balimed dan Klinik Penta Medika, Inovasi Sidana (Siap datang melayani anda) yakni layanan langsung kerumah untuk membantu pengurusan administrasi kependudukan bagi penyandang disabilitas, lansia, ODGJ dan masyarakat miskin yang belum memiliki KTP. 


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Informasi Lainnya :


Berita Lainnya :


Hasil Polling Calon Bupati Karangasem 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending