Ekbis

BI Sudah 5 Kali Turunkan Suku Bunga Sejak Awal Tahun

 Kamis, 26 November 2020, 04:10 WITA

beritabali/ist

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Denpasar. 

Sejak awal tahun,  Bank Indonesia (BI) telah lima kali menurunkan suku bunga mulai dari Februari, Maret, Juni, Juli, dan November 2020, dengan total penurunan suku bunga sebesar 125 bps.

Selanjutnya, sebagai langkah lanjutan untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional BI menurunkan suku bunga kebijakan 'BI 7-Day Reverse Repo Rate' (BI7DRR) sebesar 25 bps pada November 2020, menjadi 3,75%.

"Suku bunga Depocit Facility dan suku bunga lending facility juga diturunkan, masing-masing ke angka 3,00% dan 4,50%," kata Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Rizki Ernadi Wimanda dalam Obrolan Santai BI Bareng Media, Selasa (24/11) di Sanur, Denpasar.

Keputusan tersebut menurutnya, mempertimbangkan prakiraan inflasi tetap rendah, stabilitas eksternal yang terjaga, dan sebagai langkah lanjutan untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

"Bank Indonesia tetap berkomitmen untuk mendukung penyediaan likuiditas, termasuk dukungan Bank Indonesia kepada Pemerintah dalam mempercepat realisasi APBN tahun 2020," ujarnya.

Dalam hal ini ada beberapa dukungan BI dalam mempercepat realisasi APBN, pertama melalui pembelian SBN di pasar perdana. Sampai dengan 17 November 2020, BI telah membeli sebesar Rp72,49 triliun, termasuk skema lelang utama, Greenshoe Option (GSO) dan Private Placement.

Penulis : bbn/aga



Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Walikota Denpasar 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending