News

Gunakan LCT Angkut Pemudik Lebaran ke Jawa

 Sabtu, 28 Juli 2007, 12:46 WITA

beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Jembrana. 

Meski mudik lebaran masih dua bulan lagi. Syahbandar Gilimanuk, Gede Putrawan sudah bersurat kepada Dirjen Perhubungan Laut (HUBLA) terkait dengan akan digunakannya kapal Landing Craft Tank (LCT) untuk mengangkut pemudik ke Jawa. Ijin ini diperlukan karena kapal LCT tak boleh digunakan untuk angkut penumpang pada hari-hari biasa.

"Kalau tak ditunjang dengan kapal LCT untuk mengangkut penumpang, kita di Gilimanuk yang akan kerepotan. Antrian bisa panjang sampai puluhan kilometer. Kalau tak diizinkan kita tidak akan gunakan LCT untuk angkut kendaraan," ujar Putrawan.

Kapal LCT yang disiagakan untuk angkutan lebaran, biasanya bisa menampung 600 unit kendaraan bermotor. Sayangnya kapal LCT tak dilengkapi dengan standar safety yang memadai. "LCT tak dilengkapi dengan pelampung. Karena biasanya hanya digunakan untuk angkutan kendaraan barang saja," tandasnya.

Menurut Putrawan, jika cuaca buruk, pihaknya tak akan menggunakan kapal LCT sebagai kapal angkutan lebaran. Sebab, akan berisiko bagi penumpang yang menggunakan jasa pelabuhan Gilimanuk. "Kalau gelombang laut lebih dari dua meter LCT tak akan digunakan sebagai kapal angkutan lebaran," imbuhnya.

Penulis : bbn/eps

Editor : Tantri



Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Bupati Jembrana 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending