Ekbis

Harga Merosot Saat Tangkapan Melimpah, Nelayan Karangasem Minta Solusi

 Jumat, 12 Januari 2024, 06:41 WITA

beritabali/ist/Harga Merosot Saat Tangkapan Melimpah, Nelayan Karangasem Minta Solusi.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Karangasem. 

Wacana Pemerintah Kabupaten Karangasem untuk menampung hasil tangkapan nelayan khususnya pada saat musim panen ikan sepertinya belum bisa terealisasi secara maksimal.

Ini terlihat dari kegelisahan yang dirasakan oleh sejumlah nelayan di Kabupaten Karangasem, menyusul harga jual ikan merosot di tengah tangkapan ikan yang berlimpah di Kabupaten Karangasem.

"Hasil tangkapan sebulan ini cukup bagus, kemarin dapet 2.500 ekor ikan tongkol (awan), tadi pagi dapet 150 ekor, tapi harganya murah, bisa seribu rupiah per ekor, bahkan pagi ini katanya 700 rupiah per ekor," kata Suparwata salah seorang nelayan di Karangasem, Kamis (11/1/2024). 

Ia mengaku dengan harga jual yang murah itu, meski jumlah tangkapan berlimpah namun tetap saja hanya sedikit hasil yang diperoleh, bahkan dengan tangkapan 150 ekor ikan saja saat ini tidak mencukupi kebutuhan dapur namun hanya cukup menutupi biaya operasional untuk sekali melaut. 

Merosotnya harga ikan hasil tangkapan nelayan sudah terjadi hampir sejak satu bulan terakhir ini, begitu musim ikan harga ikan mulai turun. Selain dijual langsung kepada pembeli lokal, ikan-ikan hasil tangkapan nelayan juga dibeli oleh pengepul ikan dari wilayah Kusamba, Kabupaten Klungkung. 

Ia berharap, pemerintah Kabupaten Karangasem bisa hadir untuk mencarikan solusi atas harga ikan yang merosot ini sehingga harga jual ikan nelayan khususnya pada saat musim ikan seperti saat ini bisa tetap stabil dipasaran. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Karangasem, I Nyoman Siki Ngurah saat dikonfirmasi tak menampik kondisi itu. Ia mengakui keluhan para nelayan tersebut. Menurutnya, merosotnya harga ikan memang sudah rutin terjadi setiap tahunnya ketika musim ikan tiba. 


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Bupati Karangasem 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending