News

Ini Pertolongan Pertama Saat Mobil Terendam Banjir

 Rabu, 19 Oktober 2022, 09:35 WITA

bbn/Tirto.id/Ini Pertolongan Pertama Saat Mobil Terendam Banjir

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

Saat ini, beberapa wilayah di Tanah Air mengalami hari-hari hujan intensitas tinggi. Dalam kondisi seperti demikian, pemilik mobil perlu mewaspadai tentang kemungkinan kendaraannya terendam banjir.  

Baik ketika berada di jalan atau saat mobil diparkir, dua kejadian ini sama-sama mendatangkan kerugian bagi mobil kesayangan.

Dikutip dari Auto2000, jika mobil sudah terlanjur terendam banjir, pemilik tidak perlu panik. Berikut langkah pertolongan pertama yang perlu dilakukan:

Jangan Menyalakan Mesin Mobil

Jangan pernah mencoba menyalakan mesin jika mobil mogok akibat melewati jalan banjir. Pasalnya mesin kendaraan mungkin terkena water hammer.

Senada bila kendaraan yang terendam banjir berada dalam kondisi tengah parkir. Jangan pernah menyalakan mesin untuk memindahkan mobil meskipun terlihat aman dari luar.

Lepaskan Kabel Aki dan Hati-Hati saat Memeriksa Komponen Mobil

Mobil akan terhindar dari risiko korsleting alias hubungan arus pendek listrik yang bisa membuat komponen kelistrikan rusak jika kabel dilepaskan dari kepala aki. Namun andai tidak memungkinkan, kabel aki mobil tidak perlu dilepas.

Komponen pengapian seperti busi, saringan udara, koil, alternator, serta kabel-kabel dan sambungannya rawan rusak bila terkena banjir.


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Trending