News

Mengenal Penyakit OCD Ekstrem yang Dialami Aliando

 Sabtu, 29 Januari 2022, 02:05 WITA

bbn/tribunnews.com/Mengenal OCD Ekstrem, Penyakit Serius yang Dialami Aliando

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

Dalam Live di Instagram baru-baru ini, bintang sinetron Ganteng-Ganteng Serigala Aliando Syarief mengatakan bahwa Ia mengalami OCD Ekstrem selama dua tahun terakhir.

 

"Gue didiagnosis kena OCD, obsessive compulsive disorder yang ekstrem," kata Aliando, seperti dikutip detikcom.

Selama itu, Aliando mengatakan dirinya tak bisa melakukan aktivitas dengan normal. Dia pun berharap bisa secepatnya sembuh dari penyakit mental itu.

Apa itu Obsessive-Compulsive Disorder atau OCD?

Sebagaimana dilansir Medical News Today, Obsessive-compulsive disorder atau OCD merupakan penyakit mental yang menyebabkan penderitanya memiliki pikiran yang tidak diinginkan atau sensasi (obsesi) atau dorongan untuk melakukan sesuatu berulang-ulang (kompulsif). Beberapa orang dapat memiliki obsesi dan kompulsif.

OCD bukan tentang kebiasaan seperti menggigit kuku atau memikirkan pikiran negatif. Namun, pikiran obsesif mungkin bahwa angka atau warna tertentu "baik" atau "buruk".

Lalu, kebiasaan kompulsif mungkin mencuci tangan tujuh kali setelah menyentuh sesuatu yang mungkin kotor. Meskipun Anda mungkin tidak ingin memikirkan atau melakukan hal-hal ini, Anda merasa tidak berdaya untuk berhenti.

Setiap orang memiliki kebiasaan atau pemikiran yang terkadang berulang. Namun pada pengidap OCD seperti Aliando, biasanya memiliki pikiran atau tindakan yang:

  • Menguasai diri setidaknya satu jam sehari
  • Berada di luar kendali
  • Tidak merasa menyenangkan
  • Mengganggu pekerjaan, kehidupan sosial Anda, atau bagian lain dari kehidupan

Jenis dan Gejala OCD

OCD datang dalam berbagai bentuk, tetapi kebanyakan kasus jatuh ke dalam setidaknya satu dari empat kategori umum:

  • Memeriksa, seperti kunci, sistem alarm, oven, atau sakelar lampu, atau mengira Anda memiliki kondisi medis seperti kehamilan atau skizofrenia
  • Kontaminasi, ketakutan akan hal-hal yang mungkin kotor atau dorongan untuk membersihkan.
  • Simetri dan keteraturan, kebutuhan untuk mengatur sesuatu dengan cara tertentu
  • Perenungan dan pikiran yang mengganggu, obsesi dengan garis pemikiran. Beberapa dari pikiran ini mungkin keras atau mengganggu.


Penyebab OCD dan Faktor Risiko

Menurut Mayo Clinic, penyebab gangguan obsesif-kompulsif tidak sepenuhnya dipahami. Namun, gangguan OCD ini sedikit lebih umum pada wanita daripada pria. Gejala sering muncul pada remaja atau dewasa muda.


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Trending