Informasi

Pengelolaan Sampah Perlu Komitmen dan Dukungan Seluruh Elemen Masyarakat

 Senin, 06 Mei 2024, 21:23 WITA

beritabali/ist/ Pengelolaan Sampah Perlu Komitmen dan Dukungan Seluruh Elemen Masyarakat .

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Denpasar. 

Belum optimalnya pengelolaan sampah pada fasilitas (TPS3R/TPST) berdampak pada penanganan sampah yang pada akhirnya sampah dikirim ke TPA. 

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa TPA yang tersebar di Kabupaten/Kota se-Bali mengalami kelebihan kapasitas atau overload. Namun untuk membangun TPA baru sulit terlaksana karena dibutuhkan kajian dan lahan yang luas serta terjadi penolakan dari masyarakat sekitar.

Situasi ini dapat menjadi bom waktu yang mengancam kondisi lingkungan, kegiatan pariwisata dan ekonomi di Provinsi Bali. Untuk itu dibutuhkan komitmen bersama secara konkrit, holistik dan serentak dalam pengelolaan sampah dari hulu sampai ke hilir yang dimulai dengan mengolah dan memilah sampah dari sumbernya serta dukungan dari seluruh elemen masyarakat. 

Harapan tersebut disampaikan Pj. Gubernur Bali dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Bali, I Wayan Serinah  pada acara Koordinasi Pengelolaan Sampah di Provinsi Bali yang digelar di Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Bali, Senin (6/5).

Lebih jauh dalam sambutannya, Pj. Gubernur Bali menyampaikan berdasarkan  data SIPSN timbulan sampah di Provinsi Bali pada Tahun 2023 mencapai 3.367 ton/hari dan dengan persentase sampah terkelola mencapai 75,94% dimana sebagian besar sampah masih diangkut ke TPA dengan persentase 61,41%. Fasilitas pengelolaan sampah berbasis sumber yang telah terbangun yakni 278 unit TPS3R yang tersebar di seluruh Kabupaten/Kota dan juga 7 unit TPST di empat Kabupaten/Kota. 


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Walikota Denpasar 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending