News

Tak Hanya Lucu, Prembon Sanggar Mumbul Sari Sarat Pesan Eling

 Jumat, 24 Juni 2022, 20:55 WITA

beritabali/ist/Tak Hanya Lucu, Prembon Sanggar Mumbul Sari Sarat Pesan Eling.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Denpasar. 

Prembon Sanggar Mumbul Sari, Banjar Maspait, Desa Keramas, Kecamatan Blahbatuh, Duta Kabupaten Gianyar di ajang Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-44, Kamis (23/6) tak hanya lucu, tetapi juga sarat pesan. 

Para penari merupakan perpaduan antara senior dan pendatang baru begitu lihai mengkemas adegan. Masalah atau fenomena dikemas dengan lelucon, lalu disodorkan solusi sebagai bentuk pesan. 

Maka tak heran, pengunjung PKB yang memadati Kalangan Ayodya tempat prembon itu pentas, tertawa hingga mengeluarkan air mata saking lucunya.

Prembon yang didukung sebanyak 30 seniman tari dan tabuh dari daerah seni itu mengangkat judul “Eling”. Dikisahkan di sebuah kerajaan Magada Pura yang diperintah seorang raja bernama Sri Diah Magemblung. 

Raja ini mempunyai dua putra laki-laki bernama Raden Magada dan Raden Magadon. Raden Magada diceritakan telah beberapa bulan pergi melakukan konsulidasi dengan kerahaan-kerajaaan tetangga untuk mempererat hubungan baik dibidang ekonomi, sosial budaya, politik dan keamanan. 

Saat melakukan tugasnya, Raden Magada meninggalkan istri bernama Diah Gek Templon Encong Similikiti. Raden Magadon yang masih jomblo sangat terpesona dengan kercantikan iparnya itu. Karena pikiran kalut, Raden Magadon merayu iparnya, namun diketahui oleh ibunya. 

Sang raja Diah Magemblung lalu menasehati anaknya dan manantunya untuk “eling” dengan status swadharmanya. Diah Gek Templon dingatkan untuk eling terhadap suaminya yang sedang bertugas, eling dengan kerajaan, dan mengajak semua pengunjung yang hadir untuk “Eling” pada swadarmanya masing-masing. “Mari semuanya kita eling”.

Koordinator yang juga Ketua Sanggar Mumbul Sari, I Wayan Suarta mengatakan, pada rekasadana (pergelaran) di PKB ke-44 ini dirinya bukan mengangkat cerita panji tetapi mengangkat kisah karangan, seperti arti Prembon yaitu Dramatari Arja yang diperinbuhkan, dikolaborasikan dengan kesenian lain. 


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Walikota Denpasar 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending