News

Tempuh 20 Km, Jalan Kaki Pulang Pergi

 Minggu, 02 Maret 2008, 08:23 WITA

image.google.com

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Tabanan. 

Rangkaian perayaan Tahun Baru Caka 1930 diawali dengan upacara melasti ke Segara (laut). Tradisi melasti ke laut berjalan kaki masih dipegang kuat oleh Krama Desa Adat Kota Tabanan.

Seperti biasa setiap tahunnya warga kota Tabanan berjalan kaki mengiringi Ida Bhatara melasti ke Laut Yeh Gangga.

Tak tanggung -tanggung jarak 20 km ditempuh pulang pergi dalam pelaksanaan melasti itu. Seperti yang dilaksanakan Sabtu malam (1/3). Ribuan warga Desa Adat Kota Tabanan sejak pukul 21.00 WIta telah berkumpul di Pura Dalem Kota Tabanan dan Pura Puseh Adat Kota Tabanan, Iring-Iringan Ida Bhatara yang bersentana di Pura Dalem dan Puseh kota Tabanan.

 

 

Iring-Iringan Ida Bhatara yang bersentana di Pura Dalem dan Puseh kota Tabanan kemudian diusung menuju segara Yeh Gangga. Jarak tempuh yang harus dilalui sepanjang kurang lebih 20 km PP.

Sekitar pukul 5 pagi keesokan harinya iring-iringan Ida Bhatara sudah sampai kembali ke Pura Dalem dan Puseh Adat Kota Tabanan. I Wayan Suarya salah satu warga adat kota Tabanan menyebutkan, tradisi melasti berjalan kaki ke segara ini selalu dilaksanakan di adat kota Tabanan. "Tradisi ini telah ada sejak saya lahir," jelasnya. 

Penulis : bbn/nod

Editor : Tantri



Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Bupati Tabanan 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending