search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Melihat Sejarah Lukisan Bali di Puri Lukisan
Jumat, 18 Juli 2008, 07:09 WITA Follow
image

Beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Daerah Ubud Bali dikenal sebagai kampung seniman, mulai senian tari, Patung, hingga lukisan. Nah sat saat ini digelar sebuah pameran lukisan kuno dan langka yang dibuat seniman lukis bali tempo dulu. Beberapa karya yang dipamerkan merupakan pinjaman dari museum seni yang ada di luar negeri.



Pameran lukisan klasik tempo dulu ini digelar di Museum Puri Lukisan, museum lukisan tertua di ubud. Pameran seni lukis klasik tempo dulu ini digelar serangkaian hari jadi museum ini yang ke-50 tahun.

Dalam pameran ini pengunjung dapat melihat ratusan lukisan kuno dan langka, yang dibuat dibawah tahun 50-an. Lukisan kuno dan langka yang dipamerkan antara lain karya pelukis kelompok Pitamaha, karya pelukis legendaris Ubud Ida Bagus Made, serta karya Rudolf Bonnet, pelukis asal Belanda yang lama bermukim di Ubud Bali.

Dalam karya kelompok Pitamaha, pengunjung dapat melihat perkembangan lukisan Bali dan juga patung dalam satu abad terakhir. Karya pelukis kelompok Pitamaha ini menyuguhkan keindahan karya seni lukis dari masa wayang, transisi, hingga modern.

Selain karya kelompok Pitamaha, dalam pameran ini pengunjung juga dapat menyaksikan 100 lukisan karya pelukis legendaris Ubud Ida Bagus Made, serta koleksi Rudolf Bonnet asal Belanda.



Dalam koleksi Bonnet yang merupakan pinjaman dari museum di Leiden Belanda ini, pengunjung dapat melihat karya seni lukis seniman Bali mulai tahun 1929 hingga tahun 1958.



"Menurut saya, semua warga Bali dan pecinta seni lainnya harus datang ke pameran ini, agar bisa melihat karya seni lukis langka yang ada di sini,"kata Made Wianta, seorang pengunjung pameran dan seniman lukis Bali.

"Semua lukisan di ruangan begitu fantastik, saya sangat beruntung bisa datang hadir menyaksikan pameran ini," kata Hans Peter Grobe, seorang wisatawan asal Jerman.

Menurut pihak panitia, pameran ini memperlihatkan interaksi seniman Bali dengan seniman barat pada masa lalu.

"Meski mendapat banyak masukan dan pengaruh dari seniman barat waktu itu, seniman lukis Bali tempo dulu tetap mempertahankan pakem seni lukis Bali pada karyanya," kata Tjokorda Putra Sukawati, pimpinan Museum Puri Lukisan Ubud.

Pameran ini dibuka 14 Juli 2008 dan akan berlangsung hingga bulan September mendatang. (bob)

Reporter: bbn/rob



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami