search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Vihara Dhammadana Baturiti Gelar “Abhiseka Buddha Rupang”
Jumat, 13 Desember 2013, 20:50 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Beritabali.com, Denpasar. Pemugaran Vihara Dhammadana, Baturiti, Tabanan, yang berlangsung sejak 2011, kini telah menyelesaikan tahap pertama. Menandai hal tersebut, panitia pemugaran akan melaksanakan rangkaian upacara abhiseka Buddha rupang atau ngelinggihang, menempatkan patung Buddha pada ruang dhammasala vihara. Rangkaian upacara yang mengundang dan melibatkan umat Buddha se-Bali tersebut akan dilaksanakan Selasa (17/12/2013) mendatang.

Menurut Sudiartha Indrajaya, Ketua I panitia acara, rangkaian upacara akan diawali mulai pagi hari pukul 10.00 witadengan menjemput Buddha Rupang dari tempat sementara di Vihara Buddha Sakyamuni, Denpasar, untuk kemudian diantar ke tempat atau tujuan ber-stanatetapdi  ViharaDhammadana, Baturiti ). Di tempat awal dilakukan serah terima dari pengurus atau dayaka sabha Vihara kepada panitia abhisekaBuddha rupang yang menjemput atau mengantar. Dari Denpasar, patung Buddha yang sudah dipersiapkan, diberangkatkan menuju Vihara Dhammadana, Baturiti.

“Upacara abhisekaBuddha rupang  ini dilaksanakan sebagai tanda bangunan Dhammasala di zone 1 vihara Dhammadana sudah siap digunakan. Dengan demikian fasilitas yang telah terbangun, kembali dapat digunakan untuk pelestarian Dhamma,” jelas Sudiartha kepada wartawan di Denpasar, Kamis (13/12/2013).

Buddha rupang yang akan ditempatkan, direncanakan tiba di lokasi Vihara Dhammadana, Baturiti, pukul 14.00, disambut umatdari berbagai daerah di Bali disepanjang jalan menuju vihara. Prosesi abhisekha yang juga dihadiri sejumlah bhikkhu Sangha  akan dilanjutkan puja bakti dan dengan peresmian bangunan zone 1 Vihara Dhammadana. Acara juga dirangkaikan dengan upacara peletakan batu pertama pembangunan Monumen Asoka  di areal vihara setempat. [bbn]

 

Reporter: -



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami