search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Rolls-Royce Siap Rancang Kapal Laut Tanpa Awak
Jumat, 7 Maret 2014, 10:58 WITA Follow
image

bbc.uk/inilah.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Tak hanya pesawat saja yang bisa terbang tanpa awak (drone). Ke depannya nanti kapal laut pun dapat mengarungi lautan tanpa kehadiran awak. Kapal barang tanpa awak akan menjadi kenyataan dalam waktu sekitar sepuluh tahun lagi, demikian menurut Rolls-Royce. Mengutip BBC, perusahaan pembuat mesin itu sudah memperlihatkan rancangan dari kapal tanpa awak, yang masih diragukan oleh beberapa ahli.

Diberi nama Maritime Unmanned Navigation Through Intelligence (Munin), proyek ini mendapat bantuan dana dari Uni Eropa sebesar 3,5 juta Euro atau sekitar Rp47 miliar.

"Kini saatnya untuk mempertimbangkan jalan menuju kapal tanpa awak dari berbagai jenis. Kadang yang tidak terpikirkan di masa lalu, bisa menjadi kenyataan hari ini," kata Oskar Levander, Wakil Presiden Rolls-Royce untuk bidang inovasi dan teknologi.

Menurut Levander, dengan teknologi yang tersedia, sudah waktunya untuk memindahkan operasi laut ke darat dengan biaya operasional yang lebih murah. "Apakah lebih baik memiliki awak 20 yang berlayar di angin kencang di Laut Utara atau, sebutlah lima orang di darat?" tuturnya.

Kapal yang dikendalikan dari jarak jauh akan amat berbeda dengan yang saat ini karena tidak memerlukan fasilitas dan sistem untuk para awak kapal.

Sementara itu, Perusahaan konsultan Moore Stephens LLP mengatakan, pengurangan awak akan mendorong penurunan biaya 44% untuk kapal barang besar.

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami