search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Lomba Masak Lawar Kuwir Semarakkan Bulfest
Rabu, 5 Agustus 2015, 08:14 WITA Follow
image

beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BULELENG.

Beritabali.com, Buleleng. Masakan lawar kuwir atau entog merupakan masakan khas bali yang sekarang ini sangat digemari. Untuk mengasah kemampuan membuat lawar kuwir, digelar lomba memasak lawar kuwir serangkaian kegiatan Buleleng Festival Selasa (4/8/2015) pagi dengan para peserta dari sembilan kecamatan yang ada di Buleleng.
 
Kelincahan tangan mengayunkan golok dan pisau untuk membuat racikan bumbu lawar kuwir saling bersahutan di Rumah Jabatan Bupati Buleleng tempat digelarnya Lomba Ngelawar dan Mebat. Para peserta saling mengadu kemampuan membuat bumbu yang lezat untuk daging kuwir atau entog. 
 
Menurut Nyoman Adiana salah satu peserta, bumbu yang dipakai berbagai jenis. Menurutnya, Lawar kuwir merupakan masakan khas bali yang perlu dilestarikan. Dan dengan adanya lomba memasak ini akan menambah wawasan serta saling berbagi antar para peserta.
 
Kriteria dalam lomba Ngelawar dan Mebat tersebut meliputi kreativitas, team work, kebersihan, ketepatan waktu, dan yang tak kalah penting rasa dari masakan tersebut. 
 
 
Menurut Ketut Tangkas Adnyana salah seorang juri dalam lomba tersebut kreteria lomba disamping teamwork juga kreativitas dalam menyajikan keaslian masakan serta rasa yang disajikan juga menjadi penilaian utama.
 
Sementara itu Ketua Tim Penggerak PKK Buleleng Nyonya Aries Sujati Suradnyana mengatakan lomba tersebut sangat penting untuk melestarikan masakan khas Bali. 
 
"Dan yang terpenting bagaiamana para peserta bisa mengkreasikan masakan khas tradisional menjadi masakan yang bercita rasa tinggi," pungkasnya. [bbn/pan]

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami