search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Polair Buleleng Tingkatkan Patroli Perbatasan
Rabu, 23 Maret 2016, 13:05 WITA Follow
image

beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BULELENG.

Sejak sepekan terakhir Satuan Polisi Perairan (Satpolair) Polres Buleleng meningkatkan pengawasan terhadap lalu lintas kapal berbagai jenis yang melintas di perairan Bali Utara. Ini untuk mengantisipasi penyusupan dengan memanfaatkan wilayah pesisir di Bali Utara, dan juga mencegah terjadinya penyelundupan barang-barang tidak berijin termasuk benda-benda berbahaya.
 
Selain melakukan pengawasan dan pemeriksaan terhadap kapal-kapal yang dicurigai di perairan,  polisi juga meningkatkan patroli perbatasan di wilayah perairan antara Banyuwangi dengan Pulau Menjangan dan wilayah perbatasan perairan Tembok dengan Kubu Karangasem.
 
“Untuk menghindari masuknya penyelundupan, Duktang liar yang masuk tanpa ijin ke wilayah Buleleng, kita Jajaran Polair Polres Buleleng tingkatkan Patroli perbatasan yang kita lakukan secara terpadu dengan rekan kita di Polair masing-masing wilayah,” papar Kepala Satuan Polisi Perairan (Satpolair) Polres Buleleng, AKP I Putu Aryana, SH, Rabu (23/3/2016).
 
Pola koordinasi antar Satuan Polisi Perairan juga dilakukan dengan Pos Polair Kubu yang berada dibawah Polres Karangasem maupun Pos Polair Banyuwangi. 
 
“Kita juga berkunjung ke Banyuwangi untuk melakukan koordinasi dengan satuan Pol Air Banyuwangi untuk mencegah pengeboman ikan, dengan potasium, dan jaring di wilayah konservasi dan sebelumnya juga pada melaksanakan patroli perbatasan Buleleng Karangasem dan berkoordinasi dengan Sat Polair Kubu untuk berkoordinasi antisipasi Penduduk pendatang, penyelundupan hewan seperti sapi, penyu maupun unggas,” papar Kasatpolair Aryana.
 
Satpolair Polres Buleleng yang mengoptimalkan tiga unit Kapal Patroli dan didukung dengan lima Pos Polair di sepanjang pesisir Bali Utara juga menjalin kerjasama dengan para nelayan setempat termasuk berkoordinasi dengan Pos Angkatan Laut Celukan Bawang maupun Pos Angkatan Laut di Sangsit.
 
“Kita tidak sendiri, dalam operasi dan patrol juga kita sering melakukan dengan gabungan melibatkan TNI Angkatan Laut maupun dari Dinas Perhubungan agar mengoptimalkan potensi keamanan yang kita miliki,” ujar Aryana.
 
Dengan luas wilayah perairan yang panjang dan terbuka, Pesisir Bali Utara tidak menutup kemungkinan sebagai lokasi masuknya pihak-pihak yang memiliki kepentingan tersendiri sehingga penjagaan wilayah pesisir melibatkan sejumlah komponen masyarakat disamping peningkatan patroli wilayah yang rutin dilakukan untuk mencegah masuknya pelaku kejahatan dengan memanfaatkan jalur-jalur tikus.
 
 
Sementara, sejumlah titik wilayah perairan di Bali Utara yang rawan dengan pencurain ikan dan aksi pengeboman maupun pencarian ikan mengunakan portasium juga tidak luput dari pemantauan dan pengawasan yang dilakukan Unit khsusus yang dibentuk Satpolair Polres Buleleng bersama sejumlah kelompok masyarakat yang peduli dengan masalah pelestarian laut, utamanya terumbu karang.

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami