search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Pahlawan di Pecahan Uang 10 Ribu Jadi Perbincangan
Senin, 26 Desember 2016, 15:00 WITA Follow
image

ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Beritabali.com, Jakarta. Setelah perdebatan Cut Meutia pada uang baru pecahan Rp. 1.000, kali ini netizen ramai mempertanyakan siapa sosok Frans Kaisiepo yang dipilih pada uang baru pecahan Rp 10.000.
 
Perdebatan ini dimulai dari posting_bkan sebuah akun Facebook bernama Lee Candra pada Selasa (20/12). 
 
BACA JUGA: 
"Tebak gambar, hayo siapa nama pahlawan ini... Kira2 apa jasa beliau?" Tulis akun Lee Candra beserta posting_bkan foto uang pecahan Rp 10.000 bergambar Frans Kaisiepo.
 
Banyak komentar dari para netizen yang ikut melecehkan dan adapula yang membela dengan menjelaskan siapa sosok seorang Frans Kaisiepo yang pernah menjabat sebagai Gubernur di Provinsi Papua ini.
 
"Itu pahlawan kami dari papua. Karena peran beliau lah Irian Barat masih merupakan salah satu dari 33 Provinsi yang ada di Indonesia pada saat ini. Peran Frans Kaisiepo tidak kalah pentingnya dengan pahlawan-pahlawan lainya yang berasal dari kepulaun Jawa maupun Sumatra," komentar seorang netizen.
 
Perlu diketahui Frans muda termasuk orang-orang Papua pertama yang mengibarkan merah putih dan menyanyikan lagu Indonesia Raya di Papua. Ketika Papua masih diduduki Belanda, Frans termasuk orang yang aktif dan mengalami jatuh bangun menegakkan eksistensi Republik Indonesia di Papua.
 
Sejak November 1964, Frans diangkat menjadiGubernur keempat di Papua. Setelah bergabung dengan Indonesia, Papua diberi nama Irian Jaya. Jabatan Frans itu dipegang hingga 29 Juni 1973. Setelah tak jadi gubernur lagi, Frans pernah menjadi anggota Dewan Pertimbangan Agung hingga meninggal di tahun 1979.
 
BACA JUGA: 
Berdasarkan Keputusan Presiden nomor 077/TK/1993, Frans Kaisiepo adalah Pahlawan Nasional Republik Indonesia. Beberapa belas tahun kemudian, fotonya diabadikan dalam uang pecahan Rp10 ribu. [bbn/idc/wrt]

Reporter: -



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami