search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Puri Karangasem Peringati HUT ke-4 Paguyuban Catur Sagitra Nusantara
Senin, 15 Mei 2017, 11:00 WITA Follow
image

beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Beritabali.com, Karangasem. Puri Agung Karangasem menggelar rangkaian Peringatan Hut ke-4 Paguyuban Catur Sagotra Nusantara (PCSN) dan Serah Terima Pataka PCSN Periodik 2017 – 2018, Minggu (14/5/2017).
 
Kegiatan diawali dengan Kirab Pataka dan bendera Kebesaran didahului Barisan Rudat, Tambur/ Pasukan Bendera yang diikuti para pengageng keraton/puro/puri diiringi baleganjur yang dilepas dari Puri Meduro Karangasem. Setibanya di tempat upacara disambut dengan upacara ritual Pabeakaonan (tolak bala) dilanjutkan dengan tari ritual penyambutan Gebug Ende.
 
[pilihan-redaksi]
Kemudian, pembawa Pataka dan Bendera Kebesaran memasuki tempat upacara yang disambut dengan tari Puspa Herdaya dan persembahan tari Serimpi Catur Sagotra, Tari Baris. Selanjutnya, dilanjutkan dengan penyerahan Pataka kepada Ketua Periodik 2017-2018. 
 
Kegiatan diakhiri dengan pemotongan tumpeng serta penyerahan cenderamata dari Bupati Karangasem kepada Ketua Umum PCSN.
 
Ketua Umum PCSN KPH. Koesoemowinoto Praboewinoto menyampaikan, hingga usianya yang keempat tahun ini, dari kerajaan pendiri PCSN (Catur Puri) yaitu Kasunanan, Kasultanan, Mangkunegaran dan Pakualaman hingga sekarang PCSN telah beranggotakan 7 keraton/puro/puri nusantara yakni Keraton Kasunanan Surakarta, Keraton Kasultanan Yogyakarta, Pura pakualaman, Pura Mangkunegaran, Keraton Kesultanan Kasepuhan Cirebon, Keraton Kesultanan Samalanga Aceh Darussalam dan Puri Agung Karangasem Bali.
 
Pelaksanaan Hut PCSN yang ke IV yang berlangsung di Puri Agung Karangasem Bali ini memang sesuai dengan kesepakatan para anggota kerabat PCSN bahwa tahun 2017 Kepemimpinan Periodik jatuh pada Puri Agung Karangasem Bali.
 
”Nantinya ada serah terima pataka dari kepemimpinan periodik sebelumnya yakni Puro Pakualaman Ibu K.Ray T. Sritapi Suryoadiputri Ketua Periodik 2016-2017 yang diserahkan kepada Ketua Periodik 2017-2018 Puri Agung Karangasem Bali Drs. AA Bagus Arya Mataram, MM. Untuk itu saya mengucapkan selamat bekerja dan membangun prestasi demi untuk memberi landasan yang semakin kuat untuk kejayaan PCSN dimasa-masa mendatang,” ucapnya.
 
Sementara, tema yang diangkat dalam Hut PCSN ke IV masih tetap sama yaitu “Bercermin pada Sejarah” artinya bahwa semangat untuk menggali kearifan masa lalu masih sangat diperlukan dalam konteks masa kini terutama untuk dijadikan cermin dan landasan membangun masa depan. Lanjut Praboewinoto menyampaikan. [igs/wrt]

Reporter: -



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami