search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Pengajar Bahasa Bali Nihil, Disdikpora Karangasem Gelar Pelatihan
Rabu, 2 Agustus 2017, 10:01 WITA Follow
image

beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Beritabali.com, Karangasem. Para guru kelas diberikan pelatihan khusus Bahasa Bali oleh Disdikpora Karangasem menyusul tidak tersediaannya guru pengajar khusus Bahasa Bali di tingkat sekolah dasar, Selasa (1/8).
 
"Karena tidak ada guru khusus mengajar pelajaran Bahasa Bali terpaksa harus diajari oleh guru kelas, oleh sebab itu Disdikpora Karangasem memandang guru kelas perlu mendapatkan pelatihan Bahasa Bali agar ilmu yang diberikan kepada siswa tidak salah," ujar Kepala Bidang Pembianaan Kepegawaian Disdikpora Karangasem, Gusti Nyoman Parnawa.
 
[pilihan-redaksi]
Dirinya mengakui bahwa Disdikpora memang tidak menyiapkan khusus guru bahasa Bali di SD lantaran mata pelajarannya hanya masuk sebagai muatan lokal, hanya diajarkan 2 jam dalam seminggu.
 
“Ya kalo masih di tingkat sekolah dasar baru diajarkan hanya sebatas dasar-dasarnya saja, kalau pendalaman baru di SMP dan SMA,” ungkapnya.
 
Nantinya pelatihan seperti ini akan dilaksanakan setahun sekali. Setiap peserta akan diberikan pemahaman tentang Anggah ungguhing basa, pasang aksara bali, dan paribasa bali yang diberikan oleh pembicara dan dosen Bahasa Bali. Tiap tahunnya pelatihan akan dijatah untuk 50 guru saja perwakilan dari sekolah yang ditentukan oleh UPT Pendidikan di delapan Kecamatan Kabupaten Karangasem.
 
Nantinya, bagi guru kelas yang di berikan pelatihan, hanya cukup dilatih dasar-dasar Bahasa Balinya saja. Selain itu lanjut Parnawa  pelatihan tersebut akan berikan setiap tahun.
 
"Untuk saat ini akan diberikan pelatihan setahun sekali secara bergilir, hal ini dikarenakan anggaran yang terbatas," ditambahkan Parnawa.[igs/wrt]

Reporter: -



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami